facebook

Perhatikan! Ini 5 Cara Mudah Mencairkan Suasana Canggung

Rafi Alvirtyantoro
Perhatikan! Ini 5 Cara Mudah Mencairkan Suasana Canggung
Ilustrasi orang yang sedang merasa canggung (freepik.com)

Kamu pasti pernah di posisi ketika suasana tiba-tiba menjadi canggung dan bingung harus melakukan apa. Ini sering terjadi ketika tiba-tiba ada pembahasan yang sensitif dalam sebuah obrolan atau saat kaku bertemu dengan lingkungan yang baru. Tentunya sulit untuk bersikap seolah biasa saja dengan situasi yang seperti itu.

Berikut adalah lima cara mudah cairkan suasana canggung yang bisa kamu coba.

1. Berani Memulai

Tidak sedikit orang-orang yang hanya berdiam diri dan menunggu orang lain membuka obrolan. Itu menjadi salah satu penyebab suasana canggung. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk memulai dati topik-topik kecil. Kamu harus berani sebagai penggerak. Biasanya yang lain juga akan mengikutinya dan suasana canggung berhasil mencair.

2. Meluruskan Topik

Ini bisa kamu lakukan agar penyebab suasana canggung itu mencair. Kamu bisa memulai dengan meluruskan apa yang menjadi penyebabnya.

Ketika sudah terlihat mulai mencair, kamu bisa mengganti ke topik lain untuk menghindari kesalahan yang sama. Kamu bisa juga mengajak teman yang sekiranya bisa membantumu dalam meluruskan atau mencari topik.

3. Mencari Kesamaan

Kesukaan orang tentunya berbeda-beda, tapi biasanya ada satu atau dua hal yang disukai oleh orang secara umum. Contohnya, kamu adalah tim makan bubur yang diaduk, bisa orang yang ada di hadapanmu ini menyukai hal yang sama.

Kamu bisa memulai dengan menanyakan hal-hal kecil terlebih dahulu. Setelah menemukannya, kamu bisa membuka obrolan baru dengan topik yang baru juga.

4. Membuat Lelucon

Ini adalah salah satu cara yang sering digunakan untuk mencairkan suasana. Kamu bisa mengeluarkan lelucon-lelucon lucu yang sepertinya bisa masuk ke dalam humor setiap orang. Ambil saja gambaran umum atau hal-hal yang sedang menjadi buah bibir di masyarakat.

5. Pindah Tempat

Kamu bisa mengajak orang-orang yang ada di situasi tersebut untuk pindaj tempat. Biasanya ketika tempatnya sudah berbeda, suasananya akan berbeda juga.

Kamu bisa memilih tempat yang segat dan terbuka, seperti taman atau tempat yang dikelilingi dengan tumbuhan hijau. Suasana yang awalnya canggung bisa dicairkan dengan kesegaran dari tempat yang baru.

Itulah cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk mencairkan suasana canggung. Kamu bisa mencoba salah satu atau semua cara di atas. Kamu bisa menyesuaikan dengan situasi yang sedang kamu hadapi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak