facebook

4 Cara Mengatasi Rasa Cemburu dengan Dia yang Bukan Siapa-siapamu

Anisa Rachma Agustina
4 Cara Mengatasi Rasa Cemburu dengan Dia yang Bukan Siapa-siapamu
Ilustrasi Cemburu (Pexels/Pixabay)

Rasa cemburu datang tanpa diminta dan tanpa aba-aba. Rasa cemburu itu hingggap kepada setiap insan manusia yang telah memiliki rasa ketertarikan dengan lawan jenisnya. Bahkan dalam beberapa kasus rasa cemburu itu datang kepada seseorang yang tak memiliki ikatan. Wajarkah rasa yang demikian? Rasa itu sangat wajar, rasa cemburu itu ada karena kita memiliki ketertarikan yang lebih dengan orang tersebut.

Ketertarikan tersebut berawal dari ngefens, ketertarikan itu tumbuh karena DOI adalah orang yang istimewa untukmu. Kamu mulai tertarik dengannya karena ketampanan, kepintaran, perilaku, atau hal kecil yang menurutmu manis.

Dalam sebuah quotes dari Sudjiwo Tejdo mengemukakan bahwa “kita bisa memilih menikah dengan siapa, namun jika jatuh cinta tidak” dalam qoutes tersebut bermakna cinta tumbuh karena Tuhan yang memberikan cinta tersebut. Tanpa bisa menolaknya kita semakin larut dalam perasaan cinta yang belum tentu bermuara dan mendapat balasan yang sama.

Lalu bagaimana kita mengatasi perasaan cemburu dengan dia yang bukan siapa-siapamu. Mengatasi cemburu dengan oran yang tidak memiliki ikatan jelas dengan kita. Bahkan ketika kita memberontak dan protes menggapa ia melakukan demikian, sepertinya kita tak punya porsi hingga kesitu. Kita hanya kumpulan ilalang yang mengagumi pohon besar nan gagah diufuk timur.

Dalam artikel ini kami akan membahas 5 cara mengatasi cemburu dengan dia yang bukan siapa-siapamu.

1. Pergi Meninggalkan Tempat Tersebut

Perasaan cemburu datang dengan tiba-tiba, mimik wajah orang cemburu tidak bisa disembunyikan. Akan berubah memerah dan emosi tidak bisa terkontrol. Ingin rasanya mengutarakan, namun sepertinya tak memungkinkan karena melihat kenyataan siapa saya?  Pantaskah cemburu dengan orang yang tak saya miliki.

Lalu apabila kamu berada pada posisi ini lebih baik kamu pergi dari tempat tersebut, sejenak tenangkan dan jernihkan pikiranmu. Ingat tujuan awalmu, bahwa kamu hanya sekedar ngefans dengan pria tersebut.

2. Mengalihkan Perhatian Kepada Hal yang Membuatmu Cemburu dan berpikir positif

Yang kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengalihkan perhatian kepada hal yang membuatmu cemburu dan berpikir positif.

Pikirkan saja bahwa peremuan yang ia bawa bukan siapa-siapanya hanya teman biasa, toh nyatanya ia memang sering berpergian dengan beberapa temannya tanpa ada ikatan dan murni hanya pertemanan. Dengan demikian pikiranmu akan lebih tenang.

3. Menyadari Posisi

Hal ini mungkin sedikit sulit dilakukan, kita harus mulai paham posisi kita, ada dibarisan pengagum bahwa tanpa ia tahu perasaan kita yang sesungguhnya. Menyadari posisi ini berarti kita harus komitmen dengan diri kita bahwa boleh ngefens dan kagum dengan apa yang ada dalam diri DOI namun tak boleh menaruh harap dan perasaan lebih.

Hal ini yang akan membuatmu semakin lelah dengan harapan yang kau pupuk sendiri, kau sirami, namun tak pernah berbuah karena hanya kau yang merawat. Tak ada kumbang yang membantu bunga-bungamu penyerbukan.

4. Meningkatkan Kualitas Diri

Untuk mengatasi cemburu pada poin terakhir adalah meningkatkan kualitas diri. Ingat-ingat kata Dilan dalam filmya bahwa “cemburu itu tanda tidak percaya diri” dan untuk mengatasi itu semua kamu harus bisa meningkatkan kualitas dirimu. Dengan demikian apabila orang yang kamu taksir tak mengindahkan perasaanmu maka akan datang orang lain yang jauh lebih baik darinya datang meminangmu.

Itu merupakan 4 cara mengatasi rasa cemburu dengan ia yang bukan siapa-siapamu, ikuti saja alurnya dan terus meminta kepada Tuhan. Supaya Tuhan lekas memberikan jodoh terbaik untukmu supaya kau tak terlalu lama terjebak pada rasa yang tak kunjung berlabuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak