facebook

4 Tips Jalani Hidup Lebih Sederhana dan Bahagia, Syukuri Hal-Hal Kecil!

Latifah ..
4 Tips Jalani Hidup Lebih Sederhana dan Bahagia, Syukuri Hal-Hal Kecil!
Ilustrasi wanita di padang bunga (Pexels.com/Maria Orlova)

Di tengah gaya hidup masyarakat yang sangat mengagungkan materi seperti sekarang pilihan hidup sederhana mungkin terasa asing. Tapi, faktanya hidup sederhana jauh lebih bahagia, lho, karena kamu gak dipusingkan dengan berbagai hal yang sebenarnya gak begitu penting.

Terus, gimana caranya menjalani hidup yang lebih sederhana dan bahagia? Kamu bisa ikuti pembahasan berikut untuk tahu lebih lanjut. Mari disimak.

1. Syukuri hal-hal kecil

Kata orang bahagia itu sederhana. Memang kenyataannya seperti itu. Kita sendirilah manusia yang sering membuat bahagia jadi terkesan begitu rumit.

Dengan mensyukuri hal-hal kecil sebenarnya sudah bisa membuatmu bahagia. Sebagai contoh, bersyukur jika pagi ini kita masih bernapas dengan bebas, masih bisa melihat orangtua kita, masih bisa sarapan, masih bisa pergi ke kantor untuk bekerja. Semua itu sebenarnya nikmat besar yang kerap kita abaikan karena tampak tidak signifikan.

2. Lepaskan hal-hal yang bikin hidupmu jadi terlalu ribet

Sebagai contoh, kalau di lemari sudah terdapat banyak sekali pakaian yang tidak dikenakan, mending sumbangkan. Lemari jadi rapi, kamu gak pusing untuk memilih baju apa yang hendak dipakai, plus dapat pahala kebaikan pula karena sudah berbuat baik pada orang lain.

Begitu pula dalam hubungan. Bila saat ini terlibat dalam hubungan percintaan yang bikin kamu jadi gak bisa menikmati hidup, mending lepaskan. Hubungan cinta mestinya bisa meningkatkan kebahagiaan kedua pihak. Bukan membuat hidupmu jadi menderita.

3. Jalani hidup berdasarkan standarmu, bukan ekspektasi orang lain

Langkah selanjutnya agar bisa hidup sederhana dan bahagia, adalah dengan menjalani hidup sesuai standarmu, bukan mengikuti ekspektasi orang lain. Misalnya saja, gak perlu malu untuk terus memakai HP butut. Selama kamu gak terganggu, dan masih nyaman-nyaman saja menggunakannya, maka gak perlu memikirkan opini miring orang lain.

4. Tidak perlu membanding-bandingkan

Salah satu sumber penyakit mental, yaitu kebiasaan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Bila kamu ingin lebih bahagia dalam menjalani hidup, sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini.

Jalani saja hidup sesuai dengan kemauanmu dan tempomu sendiri. Kalau orang lain sudah meluncur sukses duluan dengan gaya hidup penuh kelimpahan materi, cukup turut happy, tapi tak perlu sampai iri hati. Kamu fokus saja dengan kehidupan versimu sendiri.

Coba lakukan langkah-langkah tadi. Niscaya hidupmu jadi lebih simpel dan bahagia, deh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak