facebook

3 Cara Menjaga Rasa Cinta Bersama Pasangan, Kamu Sudah Menerapkannya?

Rizky Melinda Sari
3 Cara Menjaga Rasa Cinta Bersama Pasangan, Kamu Sudah Menerapkannya?
Ilustrasi pasangan (pixabay)

Dalam sebuah hubungan asmara, hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga rasa cinta dan kasih sayang tetap terasa sama seperti awal memulai hubungan. Jangan sampai seiring berjalannya waktu, rasa cinta dan sayang justru semakin memudar.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hubungan asmara terasa hambar dan tidak lagi harmonis, misalnya terlalu sibuk, salah paham, adanya perbedaan pendapat, dan lain sebagainya. Untuk itu, diperlukan upaya-upaya dari kedua pihak untuk menjaga dan mempertahankan cinta dalam sebuah hubungan. Berikut tiga cara dan upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga cinta agar tetap harmonis dan bahagia.

1. Menjaga komunikasi

Ibarat sebuah bangunan, komunikasi merupakan pondasi yang memegang peranan paling penting untuk menjaga kelangsungan sebuah hubungan asmara.

Hubungan asmara yang tidak menjaga komunikasi dengan baik hanya akan berkahir menjadi dingin, hambar, dan tidak lagi dipenuhi kebahagiaan. Berbagai perbedaan pendapat, perselisihan, dan sifat tidak mau mengalah hanya akan memperkeruh keadaan jika tidak dikomunikasikan dengan baik.

2. Mengendalikan ego

Upaya kedua untuk menjaga cinta dalam sebuah hubungan asmara yaitu dengan belajar mengendalikan ego masing-masing. Ketika ada perselisihan atau masalah, ego yang membara harus bisa dikendalikan agar tidak membuat suasana semakin memanas.

Tidak hanya satu pihak, pihak lain juga harus bisa mengendalikan ego. Jika kedua pihak dalm sebuah hubungan bisa saling mengnendalikan ego, maka rasa cinta tetap akan tumbuh dan berkembang.

3. Saling terbuka tanpa rahasia

Setiap orang memang memiliki privasi, tapi dalam sebuah hubungan asmara perlu sebuah sikap untuk saling terbuka dan jujur terhadap satu sama lain.

Memang tidak harus menceritakan segalanya kepada pasangan, tapi jangan pula menyembunyikan semuanya seorang diri. Kenali batasan privasi yang memang harus dipendam dan hal-hal yang memang harus disampaikan.

Itulah tiga cara atau upaya yang bisa dilakukan oleh pasangan untuk menjaga sebuah hubungan asmara tetap dipenuhi cinta dan kebahagiaan. Komunikasi yang tetap terjaga, diimbangi dengan sikap saling terbuka, akan membuat sebuah hubungan asmara tetap terasa harmonis dan bisa bertahan lama dengan rasa cinta dan kasih sayang yang tidak akan berubah begitu saja. Kamu sudah menetapkan yang mana saja bersama pasanganmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak