facebook

4 Cara Menolak dengan Baik dan Tepat, Jangan Asal Tolak!

Rizky Melinda Sari
4 Cara Menolak dengan Baik dan Tepat, Jangan Asal Tolak!
Ilustrasi menolak (pixabay.com)

Tidak semua hal yang ada di hidup kita harus kita terima. Entah itu permintaan orang lain, cinta, dan lain sebagainya. Kita memiliki hak untuk menolak jika memang tidak sesuai dengan kemampuan dan perasaan kita.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika menolak adalah cara penyampaiannya yang diusahakan agar tidak menyinggung atau menyakiti pihak lain. Untuk itu, kita harus tahu bagaimana cara menolak sesuatu dengan baik dan tepat.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan ketika ingin menolak seseorang atau menolak sesuatu dengan baik tanpa berniat menyakiti pihak lain.

1. Sampaikan alasan dengan baik dan logis

Ketika kita berniat menolak seseorang atau sesuatu, kita pasti sudah mempertimbangkan hal tersebut terlebih dahulu. Saat di rasa manfaat negatif atau hal yang tidak diinginkan lebih besar daripada dampak positifnya, kita cenderung akan menolaknya.

Oleh karena itu, ketika ingin menolak sesuatu, kita juga harus bisa menyampaikan alasan tersebut dengan baik dan logis. Jangan asal menolak begitu saja karena hal-hal yang tidak logis.

2. Jangan gantung

Masih berhubungan dengan poin pertama, usahakan untuk tidak menggantung seseorang atau sesuatu, lebih baik segera putuskan sekarang juga apakah menerima atau menolaknya. Jangan biarkan orang lain merasa digantung.

Membiarkan sesuatu digantung begitu saja sama dengan kita tidak menghargai hal atau sesuatu tersebut. Dunia tidak sepenuhnya berpusat pada kita, jadi kita tidak bisa bersikap semaunya begitu saja.

3. Tidak usah disebar ke orang lain

Ketika kamu menolak seseorang atau sesuatu, biarkan saja fakta itu hanya diketahui olehmu dan orang yang bersangkutan. Tidak usah disebarluaskan apalagi dijadikan bahan gosip. 

Hal ini untuk menjaga perasaan orang yang kamu tolak serta untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu. Jangan menyebarkan kisah penolakanmu hanya agar dipandang oleh orang lain tanpa memedulikan perasaan pihak lainnya.

4. Tolak demi kebaikan

Pertimbangan utama kita akan menolak atau menerima sesuatu adalah tentang dampak positif yang akan dirasakan. Jika memang hanya dengan menolak sesuatu bisa berjalan dengan baik, tidak ada salahnya untuk tetap menolak.

Apalagi jika berbicara tentang perasaan. Perasaan yang dipaksakan tidak akan berakhir dengan kebaikan. Daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik pikirkan baik-baik dan ambil keputusan yang bijak.

Itulah empat cara yang bisa kamu terapkan ketika sedang mempertimbangkan untuk menolak seseorang atau sesuatu. Tidak segala hal yang ditawarkan pada kita harus kita terima. Kita juga memiliki hak untuk menolaknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak