facebook

5 Hal yang Sebaiknya Mahasiswa Lakukan saat Libur Semester

Athallah Hanan Adhasubhi
5 Hal yang Sebaiknya Mahasiswa Lakukan saat Libur Semester
Ilustrasi Mahasiswa.(unsplash.com/@element5digital)

Libur semester merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa. Dengan berlibur, mahasiswa dapat melepas penat dengan jalan-jalan dan hal menyenangkan lainnya. Namun, adakalanya seorang mahasiswa harus tetap produktif meski sedang libur semester.

Tetap produktif meski libur semester berguna untuk menjaga kemampuan kalian agar tidak tumpul. Banyak aktivitas menyenangkan yang tetap membuat kamu produktif meski sedang berlibur. Yuk simak agar liburan kamu menjadi bermanfaat!

1. Membaca Buku

Membaca buku merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus bermanfaat. Dengan membaca buku, kamu dapat menambah wawasan baru yang akan berguna di hari nanti. Kamu juga dapat membaca novel atau hiburan lainnya untuk membantu menemukan ide-ide kreatif. 

Kamu dapat membaca buku sambil nongkrong di cafe, piknik, dan tempat menyenangkan lainnya agar kamu tidak penat ketika membaca buku. Agar lebih maksimal, kamu bisa menargetkan jumlah buku yang akan dibaca selama liburan.

2. Membuat Portofolio

Cukup banyak mahasiswa yang menyia-nyiakan waktu liburannya untuk bermain games dan menonton film. Alangkah baiknya, kamu membuat portofolio untuk persiapan kerja nanti. Kamu bisa membuat portofolio berupa tulisan, desain, foto, dan masih banyak lagi.

Buatlah portofolio yang menjadi keahlian kamu agar hasilnya dapat memuaskan. Hobi seperti desain, menulis, dan fotografi pun dapat kamu jadikan sebagai portofolio dari hasil hobi tersebut. 

3. Menggeluti Hobi

Memiliki hobi tertentu akan membuat hari-hari kamu lebih menyenangkan. Apalagi saat liburan, kamu bisa memaksimalkan waktu tersebut untuk menggeluti hobi. Melakukan hobi selama liburan tidak akan membuat liburan kamu sia-sia kok, justru akan melatih bakat dan keterampilan kamu.

4. Bekerja Paruh Waktu

Sebagian mahasiswa pasti membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kamu dapat menggunakan waktu berlibur dengan bekerja paruh waktu. Kamu dapat mencari lowongan kerja tersebut melalui internet atau kanal yang memberikan info khusus pekerjaan. 

Tips, jika kamu memiliki banyak kenalan, kamu dapat menanyakan lowongan kerja paruh waktu untuk kamu ikuti. Manfaatkan pula media sosial untuk mencari tempat yang membuka lowongan kerja paruh waktu.

5. Berkarya

Jika kamu memiliki bakat di bidang seni, kamu bisa memanfaatkan waktu liburan untuk berkarya. Karya yang kamu buat dapat menjadi portofolio untuk melamar kerja nanti. Kamu dapat berkarya melalui tulisan, desain grafis, bahkan menulis buku. Jangan ragu untuk mempublish karya kamu ke media sosial agar karya kamu dilihat banyak orang. Dari hal tersebut, kamu dapat dikenali sebagai orang yang terampil.

Nah, apakah kamu melakukan salah satu hal tersebut selama liburan semester? Jangan lupa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar liburan semester kamu menjadi bermanfaat. Selamat berlibur!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak