facebook

Belum Tahu Perbedaan Mentega dan Margarin? Berikut Keterangannya!

Risen Dhawuh Abdullah
Belum Tahu Perbedaan Mentega dan Margarin? Berikut Keterangannya!
ilustrasi margarin. (pixabay.com)

Masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan mentega dan margarin. Sekilas keduanya sama, sebab warnanya mirip. Apakah Anda juga belum mengetahui?

Istilah mentega dan margarin sering dimaknai sama, hanya berbeda istilah. Dalam Bahasa Indonesia mungkin bisa dikatakan sebagai sinonim. Keduanya adalah produk yang cukup jauh berbeda. Apa yang membedakan keduanya?

Mengenai bahan dasar, kegunaan, keduanya mempunyai karakteristiknya sendiri-sendiri. Agar tidak menyamakan lagi keduanya, maka artikel ini mencoba memaparkan apa yang menjadi perbedaan di antara keduanya.

Berikut perbedaan mentega dan margarin, dilansir dari hellosehat.com:

1. Mengenai Asal Produk

Mentega merupakan produk yang berasal atau dibuat dari bahan utama krim ataupun susu sapi, kambing, atau domba. Istilah lain dalam mentega adalah butter. Jika Anda sering menonton Masterchef, di sana para juri acara tersebut sering menyebut butter daripada mentega.

Sementara itu margarin merupakan produk yang terbuat dari minyak sayur (lemak nabati) yang mana dicampur dengan pengemulsi dan bahan lain, agar tekstur bisa lebih padat.

2. Mengenai Lemak

Pada dasarnya margarin lebih baik untuk kesehatan jika dibanding dengan mentega. Mengapa? Margarin terbuat dari minyak sayur serta mengandung lemak tidak jenuh atau sering disebut dengan lemak baik. Lemak ini membantu menurunkan kolesterol.

Sementara itu mentega berbahan utama lemak hewan. Akibatnya mentega mengandung lebih banyak lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan.

Meski begitu, tidak semua margarin baik, sebab tidak semua produk margarin sama komposisinya. Margarin tertentu mengandung lemak trans yang bisa membuat kadar kolesterol darah meningkat. Sehingga menimbulkan risiko penyakit jantung.

3. Mengenai Kalori

Mengenai kalori, mentega memiliki kadar kalori yang lebih tinggi jika dibanding dengan margarin. Alternatifnya Anda bisa menggunakan minyak zaitun, minyak jagung atau minyak kelapa.

4. Mengenai Cepat-Tidaknya Meleleh

Mentega apabila ditinjau dari teksturnya, lebih lembek dan mudah meleleh jika tidak disimpan dalam kulkas. Mentega mempunyai rasa yang lebih gurih. Sementara itu margarin, teksturnya lebih padat dan tidak cepat meleleh.

Nah, itulah 4 perbedaan mentega dan margarin. Apakah Anda masih bingung? Semoga artikel ini bermanfaat dan dikemudian hari bagi Anda yang masih salah dalam menyebut, tidak salah lagi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak