facebook

4 Alasan Empati Penting dalam Kehidupan Manusia, Bangun Hubungan Baik!

Latifah ..
4 Alasan Empati Penting dalam Kehidupan Manusia, Bangun Hubungan Baik!
Ilustrasi pertemanan (pixabay.com/StockSnap)

Empati adalah kemampuan seseorang untuk memosisikan diri di pihak orang lain. Orang yang memiliki empati tinggi biasanya lebih peka, karena mampu memahami perasaan orang lain.

Berikut akan dibahas beberapa alasan kenapa empati itu penting dalam kehidupan manusia. Simak terus untuk mengetahui kelanjutannya, ya.

1. Membangun hubungan yang baik

Seperti diketahui manusia adalah makhluk sosial. Oleh sebab itu, akan selalu terjadi interaksi antara manusia satu dengan manusia lainnya.

Adanya empati memungkinkan hubungan atau koneksi berjalan dengan baik. Kenapa? Dengan empati, kamu jadi bisa memahami perasaan orang lain, sehingga bisa menjaga hubungan tetap nyaman.

Kamu dapat menghindari hal-hal yang ia benci atau bisa menunjukkan perhatian dalam bentuk yang paling ia butuhkan. Jika saja semua orang bisa berempati seperti ini, maka dunia ini pasti berjalan dengan harmonis. Jarang bertengkar!

2. Mendorong keinginan untuk membantu sesama

Alasan selanjutnya kenapa mesti ada empati dalam kehidupan manusia, yaitu untuk mendorong adanya keinginan membantu sesama. Kebayang kalau bumi ini hanya berisikan orang-orang egois tanpa empati. Niscaya gak ada iklim saling tolong-menolong. Masing-masing hanya sibuk dengan kehidupannya sendiri-sendiri.

3. Empati penting untuk menjaga hubungan asmara tetap awet

Salah satu penyebab kenapa suatu hubungan asmara sering bermasalah, adalah minimnya empati. Orang yang tak punya atau sedikit saja rasa empati gak begitu peduli dengan pasangannya. Yang dipikirkan hanyalah kepentingannya sendiri, dan inilah yang kerap memicu polemik dalam hubungan cinta.

Oleh sebab itu, bila kamu ingin memiliki pernikahan yang awet dengan pasangan, coba deh perkuat empati. Lebih pengertian lagi dengan kebutuhan pasangan. Jika hal ini berhasil diterapkan, pasanganmu pun akan semakin sayang, lho.

4. Munculnya perusahaan yang memanusiakan manusia

Salah satu yang kerap dikeluhkan karyawan, adalah perusahaan yang kurang memperhatikan kesejahteraan karyawan. Beban kerja tinggi, jam kerja lama, kompensasi seadanya, gaji ala kadarnya, dan berbagai tindakan buruk lain yang kerap dilakukan perusahaan.

Ini bisa dihindari apabila ada empati. Perusahaan yang dijalani oleh orang-orang dengan empati tinggi pasti akan berusaha memanusiakan manusia. Karyawan gak hanya dipandang sebagai alat mencapai tujuan, tapi partner untuk maju bersama-sama.

Dari uraian tadi, sekarang jadi sadar, ya, bahwa empati itu penting. Gimana, apakah kamu sudah menerapkan empati atau belum?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak