facebook

Dear Parents, Sudahkah Mengetahui Minat dan Bakat yang Dimiliki Anak?

Andini Mayangpuri
Dear Parents, Sudahkah Mengetahui Minat dan Bakat yang Dimiliki Anak?
Ilustrasi keluarga (Freepik.com/pressfoto)

Anak merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Tak jarang kehadirannya sangat dinantikan dalam keluarga. Sebab, seorang anak dapat membawa kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, keluarga, maupun orang-orang di sekitarnya.

Setiap anak yang lahir memiliki keistimewaan dan potensinya masing-masing. Potensi tersebut perlu ditemukan untuk kemudian dikembangkan sebaik mungkin. Sebagai orang tua, sudah menjadi tugas kita untuk dapat menemukan potensi minat dan bakat anak yang masih terpendam. 

Mengapa Perlu Mengetahui Minat dan Bakat Anak? 

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Orang tua boleh saja memiliki ambisi khusus untuk anak. Akan tetapi, anak juga memiliki keinginan dan minatnya sendiri. Jangan sampai anak mengesampingkan minat dan bakatnya demi ambisi orang tua. 

Perlu disadari pula bahwa minat dan bakat berperan penting dalam life skill anak di masa yang akan datang. Anak dengan bakat yang terasah akan lebih mudah meraih kesuksesan. Karena ia sudah mengetahui apa yang akan dilakukan dalam hidupnya. 

Maka dari itu, orang tua perlu mengetahui potensi minat dan bakat anak sedini mungkin. Sebab, masa kanak-kanak merupakan masa keemasan yang sayang sekali bila dilewatkan begitu saja. Sehingga orang tua perlu membantu dan mendukung anak dalam mengembangkan diri, sesuai dengan minat dan bakatnya. Karena anak akan merasa lebih senang bila menekuni sesuatu yang selaras dengan minat dan bakatnya.

Bagaimana Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak?

Ada beragam cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengetahui minat dan bakat anak. Salah satunya, yaitu orang tua dapat membiarkan ia bereksplorasi sembari mengamati apa saja yang digemari anak. Hal-hal yang disenangi anak merupakan minat. Dari beberapa minat tersebut, lambat laun orang tua akan mengetahui bakat yang dimiliki anak. 

Apabila sudah mengetahui bakat anak, orang tua perlu mengarahkannya untuk dapat mendalami bakat tersebut. Orang tua juga harus mendukung serta memberi ruang kepada anak untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Agar kelak ia menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak