facebook

5 Cara Deteksi Teman Toxic, Tinggalkan ia Supaya Mentalmu Sehat

Anisa Rachma Agustina
5 Cara Deteksi Teman Toxic, Tinggalkan ia Supaya Mentalmu Sehat
Ilustrasi Teman Toxic (Pexels/Keira Burton)

Memiliki teman baik adalah dambaan setiap orang, meskipun teman itu tidak memiliki hubungan darah. Namun dengan memiliki teman kita bisa sharing dalam segala hal. Beberapa hal yang tidak bisa diceritakan kekeluarga bisa kamu ceritakan ketemanmu. Dengan artian kamu harus memilih teman yang amanah, teman yang dapat menjaga rahasiamu.

Maka dari itu kamu harus berhati-hati dalam memilih teman, kamu tidak boleh terlalu percaya dengan temanmu sebelum kamu mengetahui kepribadiannya. Kamu harus terlebih dahulu mengenal dekat dan tau seluk beluknya. Apabila kamu gegabah bercerita segalah dengan teman yang belum bisa kamu percaya. Maka siap-siap rahasiamu akan menjadi konsumsi publik.

Berikut merupakan 5 cara deteksi teman toxic:

1. Bermuka Dua

Salah satu tanda teman toxic adalah bermuka dua. Ia akan nampak baik dihadapanmu, namun seperti orang yang sangat membencimu. Maka dari itu kamu harus sangat berati-hati dalam memilih teman. Jangan sampai menemukan teman bermuka dua.

2. Membicarakan Aibmu

Ciri teman toxic yang kedua adalah ia sering membicarakan aibmu, padahal ketika kamu bercerita kamu telah memberi tahu untuk tidak menceritakan rahasia tersebut, namun ia tetap melakukan hal tersebut. Jika kamu bertemu dengan tipe teman ini, lebih baik kamu tinggalkan.

3. Mencibirmu

Orang yang tak suka kepadamu akan sering mencibirmu, ia akan dengan terang-terangan tidak suka denganmu. Entah dalam perilaku, perbuatan dan raut wajahnya. Seseorang yang setiap bertemu berwajah musam dan muram dapat dipastikan ia adalah seorang yang toxic dan tidak pantas untuk kamu jadikan teman.

4. Iri dengan Pencapaianmu

Ciri teman toxic yang ke-4 adalah ia iri dengan segala pencapaianmu. Seseorang yang tulus denganmu akan selalu mendukung segala hal baik yang telah kamu lakukan. Namun apabila ia selalu iri dengan pencapaianmu dapat dipastikan itu adalah salah satu ciri teman toxic.

5. Merasa Paling Benar, dan Selalu Menyalahkan Orang Lain

Ciri terakhir teman toxic adalah ia sering merasa paling benar, dan selalu menyalahkan orang lain. ia selalu menyalahkan orang lain ketika ada kekacauan dalam hidupnya.

Itu merupakan 5 cara deteksi teman toxic. Hati-hati dalam memilih teman, kamu harus selektif dalam memilih teman. Supaya kamu tetap bisa berteman dengan sehat dan mentalmu terjaga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak