facebook

5 Cara Menyikapi Pasangan yang Terus Mengungkit Masa Lalu

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Menyikapi Pasangan yang Terus Mengungkit Masa Lalu
Ilustrasi pasangan kekasih (freepik.com/racool_studio)

Masa lalu memang menjadi bagian dari hidup. Tidak mudah untuk melupakannya, tapi juga tidak bermanfaat pula jika terus mengingatnya. Banyak orang berusaha dengan keras untuk melupakan masa lalunya, bangkit dari keterpurukan, dan menjalani hidup dengan lebih fokus kepada masa depan. Namun, bagaimana yang harus dilakukan jika setelah perjuangan panjang itu, pasangan hidup kita justru menjadi seseorang yang senang mengungkit masa lalu? Berikut tipsnya!

1. Jangan baper

Tips pertama adalah jangan baper. Ketika pasangan mengungkit masa lalumu atau bahkan masa lalunya sendiri, kamu tidak perlu menjadi seseorang yang terbawa perasaan. Cuek aja.

Ketika dia mengungkit masa lalunya, maka pahami saja bahwa itu tidak ada artinya. Kalau dia mengungkit masa lalumu, yakinkan diri sendiri bahwa kini semua tidak seburuk itu. 

2. Tanyakan

Kamu juga bisa bertanya kepada pasangan mengenai alasan atau penyebab yang membuatnya terus mengungkit masa lalu itu. Apakah cemburu? Menyesal? Rindu? Atau alasan yang lainnya. Karena semua yang terjadi, tentu memiliki alasan di baliknya. 

Dengan menanyakan maka kamu akan lebih memahami perasaan pasangan dan lebih bisa menyesuaikan diri dalam bersikap. Bagaimanapun, semua itu membutuhkan komunikasi yang baik, salah satunya adalah dengan membicarakannya. 

3. Berikan pengertian

Kamu harus memberikan pengertian kepada pasangan mengenai semua orang yang juga memiliki masa lalu. Namun kebanyakan dari mereka bisa bangkit dan hidup di masa kini dengan lebih bahagia. 

Seburuk apapun masa lalu yang kamu miliki, semua itu menjadi pembelajaran dalam memaknai hidup. Seburuk apapun masa lalunya, jelaskan padanya bahwa kamu bisa menerima dia secara utuh, tidak lepas dari kesalahan-kesalahannya di masa lalu. 

4. Tunjukkan perubahan 

Ketika pasangan mengungkit masa lalumu, tunjukkanlah padanya bahwa kini kamu sudah berubah. Sudah menjadi seseorang yang lebih baik, bertahan, beranjak, dan tidak lagi kembali kepada masa itu. Pun juga dengan masa lalunya, jelaskan bahwa kamu melihatnya sudah dalam versi yang jauh lebih baik.

5. Beri jeda 

Memberi jeda kepada hubunganmu dengan pasangan untuk lebih memperbaiki diri sendiri, lebih memahami satu sama lain, dan meluruskan visi misi itu sangat diperlukan. 

Ketika beberapa dari kalian terus mengungkit masa lalu, itu artinya kalian sama-sama membutuhkan waktu. Maka dari itu, akan lebih baik untuk memberi jeda, lalu kembali bertemu dalam perasaan yang sudah jauh lebih baik. 

Itu dia 5 cara menyikapi pasangan yang terus mengungkit masa lalu. Yuk, terapkan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak