facebook

Anak Muda Wajib Tahu! Ini 5 Hal Positif bila Ingin Maju

Adira Putri Aliffa
Anak Muda Wajib Tahu! Ini 5 Hal Positif bila Ingin Maju
Ilustrasi orang sedang menggunakan gadget (Pexels.com/Roberto Nickson)

Anak muda adalah generasi penerus bangsa yang paling berpengaruh. Dengan adanya peran dan kontribusi anak muda, negeri ini akan berkembang menjadi lebih baik lagi. Akan jauh lebih mengesankan lagi, bila anak muda di negeri ini sadar akan peran pentingnya itu. Sehingga mereka tahu dan peduli tentang hal-hal apa saja yang menjadi tanggung jawab mereka. Mereka menjadi lebih bersemangat untuk meraih mimpinya dan membawa dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Apabila kamu ingin menjadi seperti itu, yuk ketahui 5 hal positif ini yang bisa membuatmu lebih maju.

Berikut 5 hal positif bila ingin maju.

1. Melatih Soft Skill di Waktu Luang

Pentingnya soft skill untuk kemajuan kehidupan sudah menjadi rahasia umum di masyarakat. Namun, tetap masih saja orang yang belum mengetahui pentingnya skill ini atau malah ada yang sudah tahu, tetapi masih meremehkannya. Nah, untuk kamu yang ingin lebih maju dan mengupgrade diri ke level yang lebih tinggi, bisa banget latih soft skill-mu di waktu luang. Kamu bisa menemukan pelatihan soft skill ini di berbagai media sosial. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Lalu juga ada banyak topik menarik yang bisa kamu pilih seperti, manajemen waktu, manajemen keuangan, pengelolaan emosi dan rasa insecure, investasi, dan lain-lain. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu saja.  

2. Belajar Hal Baru yang Nanti dibutuhkan

Akan terasa bosan bukan, bila kita hanya mempelajari hal-hal yang itu-itu saja? Nah mulai sekarang kamu bisa atasi rasa bosanmu dengan mencoba banyak hal baru. Bisa dimulai dengan hal-hal yang kamu butuhkan dan penting saja dulu. Misal seperti belajar desain untuk keperluan memajukan bisnismu, belajar mengelola media sosial, investasi, dan lain-lain. 

3. Memperluas Relasi Teman Positif

Relasi sangatlah penting bagi siapapun yang ada di dunia ini. Dengan keberuntungan luasnya relasi, tentunya akan memudahkan segala urusanmu. Terlebih lagi, bila relasi itu memberikan dampak positif untukmu. Mulai sekarang, yuk perluas relasi teman yang positif! Berteman memang boleh dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan ras, suku, agama, kelas sosial, dan hal lainnya. Namun, kamu harus benar-benar meluangkan sebagian besar waktumu dengan teman-teman yang positif. Sebab, peran, semangat, dan dukungan mereka sangat mempengaruhi dirimu.

4. Mengikuti Organisasi

Organisasi juga memiliki peran penting untuk memajukan diri. Dalam organisasi ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa belajar tentang kepanitiaan, menambah teman, menambah pengalaman, mencari jati diri, meningkatkan kemampuan, dan melatih banyak hal positif yang mungkin sebelumnya asing bagimu. 

5. Selalu Menerima Pengetahuan Baru

Pengetahuan adalah hal yang paling penting di dunia ini. Dengan pengetahuan, kamu bisa melihat banyak hal secara lebih luas lagi. Pola pikirmu bisa berkembang. Kamu jadi pribadi yang kritis, analitis, dan kreatif dengan banyaknya pengetahuan yang kamu miliki. Tentunya manfaat-manfaat tadi bisa membuatmu lebih maju.

Nah itu dia tadi 5 hal positif yang wajib diketahui anak muda, bila ingin maju. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak