facebook

5 Cara Melatih Fokus Monotasking, Kerja Cepat Selesai dan Hasil Maksimal

Dini Hariyani
5 Cara Melatih Fokus Monotasking, Kerja Cepat Selesai dan Hasil Maksimal
Ilustrasi orang yang fokus (Pexels.com/ Tima Miroshnichenko)

Banyak orang yang berusaha melakukan beberapa hal sekaligus atau disebut dengan multitaskisng. Fakta sebenarnya adalah otak manusia tidak bisa digunakan untuk mengerjakan beberapa hal sekaligus. Akan lebih baik lagi untuk mengerjakan hal satu per satu atau monotasking. Jika kamu adalah tipe orang yang selalu berusaha multitasking, berikut lima cara melatih fokus untuk monotasking, seperti yang disadur dari laman healthline.  

1. Hilangkan gangguan

Gangguan sering mengalihkan fokus dari tugas yang tengah dikerjakan. Selain itu, gangguan inilah yang seirng memicu kita untuk beralih ke hal lain saat mencoba fokus melakukan satu hal. Oleh karena itu, sebaiknya singkirkan apapun yang dapat memicu gangguan seperti ponsel.

2. Berjalan sejenak

Berjalan sejenak di sela aktivitas yang kita lakukan dapat menumbuhkan fokus yang lebih besar. Hal ini karena menggerakkan tubuh akan membuat kita lebih rileks dan siap melakukan tugas yang memerlukan fokus besar.

3. Merencanakan tugas

Buatlah rencana garis besar tentang apa yang harus diselesaikan pada hari itu. Selanjutnya kamu juga perlu mengaturnya ke dalam daftar tugas yang diprioritaskan. Dengan cara ini kita akan tahu apa yang harus dilakukan satu persatu karena tugas sudah rapi dan bukan berantakan.

4. Jadikan monotasking kebiasaan

Monotasking dapat membantu kita menjadi lebih produktif dan mengurangi stres. Hal ini karena menurut tinjauan penelitian 2019, otak manusia tidak memiliki bagian kognitif dan saraf untuk melakukan dua tugas sekaligus. Tinjauan tersebut mencatat bahwa multitasking membuat aliran informasi yang tidak relevan bersaing untuk menarik perhatian yang mengakibatkan gangguan kinerja dan akan semakin banyak kesalahan. Selanjutnya, lompatan terus-menerus dari satu tugas ke tugas lainnya malah akan mengurangi kemampuan kita untuk fokus secara mendalam dan dapat mengakibatkan perasaan stres dan kewalahan.

5. Membaca

Memiliki kebiasaan membaca ternyata juga bermanfaat untuk memingkatkan fokus. Sebaiknya tentukan berapa menit setiap harinya untuk membaca agar dapat meningkatkan fokus. Misalnya, pada 1 minggu pertama kita menentukan target untuk membaca 10 menit setiap harinya. Lalu pada minggu ke-2 intensitas waktu tersebut dapar ditambah agar memiliki hasil yang signifikan.

Itulah 5 langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fokus dalam megerjakan tugas secara monotasking. Dengan monotasking pekerjaan tentunya dapat selesai lebih cepat dengan hasil maksimal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak