facebook

4 Tips Menjadi Orang yang Lebih Optimis, Perbanyak Syukur!

Riva Khodijah
4 Tips Menjadi Orang yang Lebih Optimis, Perbanyak Syukur!
Ilustrasi wanita tersenyum (Unsplash.com/Hưng Nguyễn)

Salah satu kunci kesuksesan adalah bersikap optimis. Orang yang optimis mampu menjaga sikap mental positif sehingga sekalipun sedang menghadapi kesulitan, tapi kesulitan itu gak membuatmu jadi patah semangat atau kehilangan harapan.

Jujur, menjadi orang yang optimis tidaklah mudah. Terutama jika selama ini kamu terbiasa berpikir negatif.

Berita baiknya, sikap optimis bisa dilatih. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas beberapa tips bagaimana menjadi orang yang lebih optimis. Mari disimak.

1. Perbanyak syukur

Seperti telah disinggung sebelumnya, orang yang optimis sekalipun sedang hadapi kesulitan tidak membuatmu patah semangat atau kehilangan harapan. Sikap positif seperti ini hanya akan bisa dilakukan apabila kamu terbiasa untuk bersyukur.

Apa hubungannya? Orang yang bersyukur akan selalu melihat sisi positif sekalipun di situasi negatif. Jika skill ini sudah terlatih, maka kamu akan lebih mudah untuk tetap melihat harapan di tengah kesulitan. Makanya, mulai sekarang perbanyak syukur, ya.

2. Fokus pada diri sendiri

Hal selanjutnya agar kamu bisa lebih optimis, yaitu dengan fokus pada diri sendiri. Kamu pasti punya target pribadi, bukan? Nah, pusatkan saja perhatianmu pada target tersebut. Gak perlu melihat bagaimana kehidupan atau pencapaian orang lain segala.

Perilaku membanding-bandingkan ini gak hanya bisa menjerumuskanmu pada sikap kurang bersyukur, juga bisa menjatuhkan mental, sehingga sulit sekali bersikap optimis. Maka dari itu, gak perlu tengok rumput tetangga!

3. Lebih santai dalam menyikapi hidup

Tips selanjutnya agar kamu bisa jadi orang yang lebih optimis, yakni dengan lebih santai dalam menyikapi hidup. Bukannya hidup gak dianggap serius, ya, melainkan gak terlalu baper. Sebentar-sebentar tersinggung. Sedikit-sedikit sakit hati. Hidup jadi ribet banget kalau begitu.

4. Membaca kisah-kisah orang sukses

Sejarah itu berulang. Itulah kenapa perlu sekali membaca berbagai kisah orang yang sudah terlebih dahulu mendulang sukses. Karena dari situ biasanya akan ada banyak hikmah yang bisa dipetik, selain bisa mencegahmu dari lubang jebakan yang sama.

Dari berbagai kisah sukses dapat menanamkan sikap optimis bahwa jika mereka saja bisa, maka kamu pun bisa asalkan mengadopsi berbagai sikap mental mereka yang sudah sukses.

Itu dia beberapa tips yang dapat kamu coba untuk bisa bersikap lebih optimis. Semoga bermanfaat, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak