facebook

Selain Rajin Membaca, Ini 7 Cara untuk Membuatmu Semakin Pintar!

Alifia Nabila
Selain Rajin Membaca, Ini 7 Cara untuk Membuatmu Semakin Pintar!
Ilustrasi seorang gadis sedang belajar. (Pexels.com/Julia M Cameron)

Rasa insecure seringkali menghantui kita di saat melihat teman atau seseorang yang jauh lebih pintar dibandingkan kita sendiri. Bahkan dari rasa insecure tersebut justru membuat kita semakin ingin belajar dan berusaha agar menjadi dirinya.

Ada beberapa cara simpel yang dapat kamu lakukan setiap hari jika kamu ingin menjadi sosok yang pintar, diantaranya : 

1. Pintar membagi waktu ketika bermain internet

Menjelajah internet sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi manusia. Mulai dari anak kecil hingga orang tua pun sering memanfaatkan teknologi canggih tersebut. Meskipun semua hal dapat di akses melalui internet, kita juga harus memanfaatkan kecerdasannya.

Misalnya dengan belajar secara online. Saat ini banyak sekali situs atau aplikasi yang dapat kamu akses untuk menambah ilmu secara online. Meskipun sering bersosmed, kamu juga harus utamakan belajar online, ya!

2. Tulis apa yang sudah kamu pelajari

Nah, ada baiknya jika setelah mendengarkan guru atau dosen yang menjelaskan materi segera ditulis apa saja poin-poin pentingnya. Karena dari menulis dapat memperkuat daya ingat. Contoh lain jika kamu selesai membaca buku, sebaiknya tulislah apa saja yang dapat kamu petik dari buku tersebut.

3. Membuat to do list

Membuat to do list dapat membuatmu menjadi produktif. Tulislah apa saja yang ingin kamu lakukan selagi hal tersebut masih positif. Namun perlu diingat jika sudah membuat to do list jangan sampai kamu membiarkannya bahkan sampai tidak dilakukan.

4. Berteman dengan orang yang pintar

Bergaulah dengan orang yang pintar agar kamu terbawa akan kepintarannya. Namun tidak semua orang pintar tersebut rajin. Maka, kamu pun harus pintar-pintar juga mencari teman yang rajin agar kamu pun ketularan rajinnya.

5. Rajin membaca

Rajin membaca merupakan salah satu kunci untuk menjadi pintar. Tidak hanya membaca buku saja, kamu pun dapat membaca informasi dari media sosial untuk mendapatkan wawasan.

6. Menjelaskan kepada orang lain

"Jika Anda tidak dapat menjelaskan sesuatu hal secara sederhana, itu artinya Anda belum cukup paham", begitulah kata Albert Einstein.

Sebelum kamu menjelaskan sesuatu yang kamu pahami kepada orang lain, sebaiknya kamu pun perlu tahu inti dari penjelasan tersebut.

7. Mempelajari hal baru

Misalnya kamu pintar dalam bidang menulis namun kamu ingin mempelajari bidang lain yaitu fotografi. Kamu dapat mempelajarinya secara otodidak ataupun les privat kepada orang lain. Hal ini dapat membuatmu pintar di berbagai bidang.

8. Menguasai bahasa asing

Mulailah dari bahasa yang sering dipelajari saat di sekolah seperti Bahasa Inggris atau Arab. Setidaknya jika kamu sudah menguasai bahasa asing maka kinerja memorimu akan meningkat dan tidak akan kebingungan jika suatu hari ke luar negeri lalu berdialog dengan orang yang di negeri tersebut.

Apakah 8 cara di atas terlihat mudah? Cobalah komitmen dengan diri sendiri untuk melakukan 8 hal tersebut setiap harinya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak