facebook

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berbagi dengan Orang Lain

Mutami Matul Istiqomah
5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berbagi dengan Orang Lain
ilustrasi berbagi. (Pexels.com/cottonbro)

Berbagi adalah hal baik yang harus terus dibiasakan. Banyak orang yang berpikir bahwa berbagi harus dengan sesuatu yang besar. Padahal, berbagi itu bisa dengan apapun yang kita punya. Namun usahakan untuk memberikan yang terbaik dari apa yang kita punya. 

Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika berbagi dengan orang lain. 

1. Luruskan niat 

Yang pertama, kamu harus meluruskan niat. Pastikan untuk niat membantu dan benar-benar ikhlas untuk berbagi kepada orang lain sebagai bentuk syukur. Niat yang baik akan menjadi awal yang baik. Semoga niat yang baik akan membuatmu dialiri oleh pahala kebaikan. 

2. Lawan mager 

Banyak orang yang punya cita-cita untuk berbagi, namun karena dia merupakan orang yang pemalas, akhirnya hal tersebut hanya menjadi sebuah angan-angan semata. Ingin memberikan x , tapi malas membeli x, malas membuat x. Kalau malas itu terus dipertahankan, maka kamu tidak akan berbuat kebaikan. Ucapkan bismillah dan lawan rasa malas itu. Dengan begitu kamu akan punya segenggam tenaga untuk memperjuangkan kebaikan.

3. Mulai dari orang terdekat 

Selain fokus kepada mereka yang jauh, kamu juga perlu lebih peduli kepada masyarakat terdekat. Misalnya adalah tetanggamu yang kamu kira dia kurang mampu, orang yang belum punya pekerjaan tetap, orang yang punya banyak tanggung jawabnya, dan lain sebagainya. Intinya, mulai dulu dari lingkungan terdekat. Setelah itu bisa merambah ke orang-orang lain yang lebih membutuhkan.

4. Tulus 

Ketika kamu memiliki niat untuk berbagi dengan orang lain, maka lakukanlah dengan tulus tanpa mengharapkan timbal balik. Jangan sampai kamu memberikan sesuatu dengan mengharapkan sesuatu, bukankah percuma saja kalau begitu? Berbagi adalah hal yang baik, namun jangan sampai dengan kebaikan itu, kamu menjadi merepotkan orang lain.

5. Biasakan 

Jangan hanya sekali saja, berusahalah untuk terus berbagi seperti apapun kondisimu. Kalau sedang lapang, kamu bisa berbagi banyak. Tak mengapa juga kalau dalam kondisi yang sulit, kamu mencoba berbagi apapun yang bermanfaat untuk orang lain. 

Itu dia 5 hal yang harus kamu perhatikan saat berbagi pada orang lain. Yuk, biasakan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak