facebook

5 Inspirasi Alasan Menolak Ajakan Teman, Pernah Mencobanya?

Rafi Alvirtyantoro
5 Inspirasi Alasan Menolak Ajakan Teman, Pernah Mencobanya?
Ilustrasi seorang wanita yang menolak ajakan temannya. (Pexels.com)

Berkumpul dan menghabiskan waktu bersama teman-teman memang menjadi sebuah kebiasaan yang baik untuk menjaga pertemanan. Namun ada kalanya, kamu merasa malas dan ingin sendirian. Terkadang itu juga bisa membuat kamu merasa serba salah dan berada di posisi yang sulit. Rasa tidak enak hati untuk menolaknya pasti muncul, apalagi kalau yang mengajak adalah teman baikmu. Kamu tentu bingung ingin mengatakan apa.

Berikut 5 alasan yang bisa kamu gunakan untuk menolak ajakan teman.

1. Ada Acara Keluarga 

Alasan ini memang sering digunakan, tapi dijamin bisa membuat teman kamu percaya. Tentunya teman-teman kamu tidak akan memaksa jika sudah ada sangkut-pautnya dengan keluarga. Mereka akan membiarkanmu pergi tanpa ada bujukan lagi.

2. Temani Mama Belanja

Masih berhubungan dengan keluarga, kamu bisa menggunakan alasan ini sebagai alternatifnya. Mereka tidak bisa memaksamu untuk ikut jika sudah ada janji lain dengan sang bunda. Apalagi kalau teman-temanmu sudah pernah bertemu, pasti dengan lapang dada menerima ketidakhadiranmu.

3. Persiapan Ujian

Alasan yang satu ini hanya bisa digunakan beberapa kali saja dan waktunya harus tepat. Teman-teman kamu tidak bisa memaksamu untuk bermain bersama, kecuali mereka mengganti rencananya menjadi belajar bersama. Itu bisa membuatmu kesusahan untuk mencari alasan lain dan terpaksa harus ikut.

4. Tugas Menumpuk 

Tidak jauh berbeda dari alasan sebelumnya, alasan ini tidak bisa digunakan kalau mereka mengajak belajar bersama. Namun alasan ini bisa lebih sering digunakan dari yang sebelumnya, karena penggunaannya fleksibel. Tidak mungkin temanmu akan melarang kamu untuk melakukan kewajibanmu sebagai seorang pelajar. Kalau kamu sudah berkerja, kamu bisa mengatakan bahwa sedang banyak kerjaan atau proyek yang harus diselesaikan dalam waktu dekat.

5. Ada Janji Lain

Ini bisa menjadi alasan terakhir untuk kamu coba. Tidak sedikit teman yang biasa membujukmu untuk membatalkan jadi yang lain dam membuatmu setuju pergi dengan mereka. Kamu harus lebih berteguh pada pendirian dan jangan mudah untuk digoyahkan. Mereka biasanya akan memasang wajah yang memelas dan memohon.

Itulah beberapa alasan yang bisa kamu gunakan untuk menolak ajakan teman. Kamu bisa menggunakan itu ketika dalam berada di posisi sulit saja, ya. Jangan sering menolak ajakan teman karena ketika mereka sudah bosan dengan alasanmu, bisa saja mereka kumpul tanpa mengajakmu lagi.

Semoga informasi di atas bisa membantumu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak