facebook

4 Langkah Menjadi Diri Sendiri yang Bisa Kamu Coba Mulai Sekarang

Mutami Matul Istiqomah
4 Langkah Menjadi Diri Sendiri yang Bisa Kamu Coba Mulai Sekarang
Ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/ROMAN ODINTASOV)

Menjadi diri sendiri tidak selalu membuat seseorang merasa nyaman. Bahkan banyak orang yang justru merasa bangga dengan tampil menyimpang dari jati dirinya sendiri. Hidup adalah perjalanan, bukan?

Ada yang mati-matian berusaha untuk mengejar kebahagiaan, keadaan itu membuatnya menuntut diri sendiri untuk menjadi seperti yang lingkungannya harapkan. Ada yang bisa diterima seperti apapun keadaannya, namun dia ingin mencari kesenangan yang lebih dengan menjadi orang lain. Semua adalah pilihan yang ditanggung oleh masing-masing hati. 

Bagaimana pun keadaanmu, entah ingin menjadi diri sendiri atau kembali pada diri sendiri, berikut beberapa langkah yang harus kamu lewati. 

1. Menerima diri

Hal pertama yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menerima dirimu sendiri. Terlepas dari apapun kelebihan dan kekurangannya, kamu harus berlapang dada untuk menerimanya. Dengan menerima dirimu sendiri, kamu akan merasa lebih bersyukur dan berharga.

2. Melihat sisi yang baik 

Tidak ada manusia yang sempurna, pun juga tidak ada manusia yang hina. Semua manusia itu setara. Manusia yang menurutmu sempurna, sebenarnya banyak kekurangannya. Pun juga denganmu yang merasa banyak kurangnya, kamu juga punya kelebihan yang menjadi ciri khas untuk dirimu sendiri. 

Cara agar kamu bisa menjadi diri sendiri adalah fokus dengan kelebihan yang kamu miliki. Fokuslah untuk menggali potensi diri dan menemukan sumber kepercayaan diri. Ketika kamu merasa memiliki jiwa yang unggul, maka kamu akan nyaman menjadi dirimu sendiri. 

3. Berhenti membandingkan

Berhentilah untuk membandingkan dirimu dengan orang lain. Membandingkan diri hanya akan membuatmu merasa iri. Karena seringkali yang ada dalam pandangan kita adalah kelebihan yang ada dalam dirinya, tanpa tahu apa kekurangan yang dimilikinya. Hal itu membuat kita merasa rendah diri dan tidak beruntung.

4. Pilih lingkungan yang baik 

Untuk bisa menerima diri sendiri, maka kamu membutuhkan lingkungan yang baik. Lingkungan yang baik bukanlah lingkungan yang mewah, namun lingkungan yang bisa menerimamu apa adanya, mereka yang tidak menuntutmu untuk menjadi orang lain. 

Ketika kamu terlibat dalam lingkungan yang salah, maka kamu akan semakin kehilangan arah. Ketika kamu memilih lingkungan yang baik, maka kamu akan menjadi seseorang yang lebih baik. Lingkungan merupakan hal yang sangat berpengaruh kepada kepribadian seseorang. 

Itu dia 4 langkah agar kamu merasa nyaman menjadi diri sendiri. Yuk, terapkan dari sekarang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak