facebook

4 Cara Mengembalikan Mood dan Keluar dari Pikiran Negatif

Rizky Melinda Sari
4 Cara Mengembalikan Mood dan Keluar dari Pikiran Negatif
Ilustrasi mendengarkan musik (pixabay)

Ketika sedang dilanda permasalahan, kita pasti akan merasa tertekan dan tidak mood melakukan berbagai aktivitas. Akibatnya, produktivitas dan kegiatan kita akan terganggu dan menjadi berantakan.

Kunci utama untuk memperbaiki mood ketika sedang dilanda masalah adalah dengan berusaha keluar dari pikiran negatif dan mencari solusi untuk memperbaiki suasana hati. Melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan suasana hati bisa membantu kita lebih rileks dan membuat pikiran kita jadi lebih jernih.

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki mood dan keluar dari pikiran negatif.

1. Mengingat kenangan yang menyenangkan

Kita pasti memiliki memori atau kenangan yang menyenangkan, baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain. Misalnya, kenangan pergi berlibur bersama sahabat, keluarga, atau orang terkasih. Kita bisa mengingat itu semua untuk membuat diri kita lebih baik. Aura positif yang dihasilkan dari mengingat kenangan menyenangkan dapat membantu menaikkan dan memperbaiki mood kita.

2. Mendengarkan musik

Salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mengembalikan mood adalah dengan mendengarkan musik. Kamu bisa membuat sebuah playlist khusus yang berisi lagu-lagu favoritmu dengan ritme yang ceria dan mood-booster untuk mengembalikan semangatmu. Musik juga merupakan media yang ampuh untuk mengalihkan kamu dari pikiran negatif.

3. Berkomunikasi dengan keluarga dan teman

Ketika pikiran negatif sudah terlalu mendominasi, kamu bisa berkomunikasi atau curhat dengan keluarga dan teman. Misal, curhat dengan saudara, berbagi kisah bersama sahabat, atau dengan orang tersayang. Hal ini akan membuat kita lebih lega setelah bercerita daripada dipendam seorang diri.

4. Mencari kegiatan lain yang bermanfaat

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan daripada hanya berdiam diri bersama mood yang buruk dan pikiran negatif. Seperti misalnya, mencoba membuat masakan dari resep sederhana, pergi jalan-jalan atau rekreasi, menonton sesuatu yang bermanfaat, dan lain sebagainya.

Itulah empat cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan mood dan keluar dari pikiran negatif. Hal paling penting adalah dengan menyibukkan diri melakukan hal positif, sehingga kita tidak mempunyai waktu untuk membiarkan pikiran negatif menguasai kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak