facebook

4 Alasan Seseorang Berusia Matang Menunda Pernikahan, Salah Satunya Trauma

Latifah ..
4 Alasan Seseorang Berusia Matang Menunda Pernikahan, Salah Satunya Trauma
Ilustrasi wanita merenung (pexels.com/cottonbro)

Memang banyak orang yang sudah tidak sabar ingin segera menikah. Akan tetapi, yang menunda pernikahan pun tak sedikit sekalipun dari segi usia sudah sangat pantas berkeluarga. Ada beberapa alasan kenapa seseorang yang telah berusia matang memutuskan untuk menunda pernikahan. Apa aja alasan tersebut? Mari simak lebih lanjut untuk tahu kelanjutannya.

1. Trauma masa lalu

Salah satu penyebab seseorang masih betah melajang sekalipun usia sudah tidak lagi muda, adalah karena trauma masa lalu. Bisa jadi, kamu pernah mengalami kegagalan hubungan asmara di masa lalu, dan luka itu masih begitu membekas hingga sekarang.

Kamu jadi sulit memercayai pasangan baru, dan itulah kenapa belum berani menikah. Khawatirnya nanti bakal banyak masalah karena ada trust issue.

Memiliki keluarga dengan orangtua yang pernikahannya hancur pun bisa jadi alasan kenapa kamu masih menunda-nunda pernikahan. Ada rasa takut bila nantinya menikah bakal mengalami nasib serupa seperti ayah ibumu yang kemudian berakhir pisah.

2. Merasa belum siap secara mental

Tak bisa dimungkiri, pernikahan memang memberikan berbagai keindahan. Akan tetapi, tanggung jawabnya pun besar. Terutama bila sudah melibatkan anak.

Hal inilah yang membuat kamu masih betah sendiri. Tanggung jawab sebesar itu rasanya belum siap untuk diemban. Mental harus benar-benar kuat untuk menghadapi berbagai tantangan dalam berumah tangga.

3. Masih banyak yang ingin dilakukan

Ada pula penyebab masih belum mau untuk menikah kendati usia sudah matang, karena masih banyak yang ingin dilakukan. Kamu sadar bila sudah menikah nanti mau tak mau harus menyesuaikan jadwal dengan pasangan, karena gak bisa berlaku egois.

Oleh sebab itu, mumpung sekarang masih sendiri kamu ingin puas-puasin mengejar apa yang ingin diraih. Dengan demikian, ketika sudah menikah nanti jadi bisa lebih tenang dan gak ada penyesalan.

4. Butuh biaya besar

Hal selanjutnya yang bikin kamu masih urung untuk menikah, adalah sadar bahwa pernikahan itu butuh biaya besar. Bukan sekadar resepsinya, tapi kehidupan setelahnya.

Kebutuhan sehari-hari, urusan tempat tinggal, belum lagi biaya pendidikan anak jika nanti sudah memiliki buah hati. Semua itu mesti dipersiapkan, dan kamu merasa belum siap akan hal itu. Iya, memang katanya anak itu punya rezekinya sendiri. Tapi, kan, mesti dicari. Kamu gak mau demi keinginan menikah semata, akhirnya anak jadi menderita.

Itu dia empat hal yang bisa menyebabkan seseorang menunda pernikahan walaupun usia sudah matang. Ada alasan lain yang ingin kamu tambahkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak