facebook

4 Kesalahan Masa Muda yang Harus Dihindari agar Tak Menyesal saat Tua Nanti

Latifah ..
4 Kesalahan Masa Muda yang Harus Dihindari agar Tak Menyesal saat Tua Nanti
Ilustrasi tatapan mata wanita (unsplash.com/Kirill Balobanov)

Masa muda memang saat-saat mencoba hal-hal baru. Terkadang berbagai keputusan yang dianggap tepat saat masih muda ternyata kerap menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Agar masa tuamu nanti bisa bebas dari rasa sesal, ada baiknya kenali beberapa kesalahan masa muda yang kerap dilakukan. Apa saja? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Mau semuanya cepat dan instan

Ada banyak anak muda sekarang yang begitu terburu-buru dalam menyikapi hidup. Semuanya ingin didapatkan dengan instan tanpa harus kerja keras dulu.

Sikap mental seperti inilah yang membuat banyak anak muda mudah sekali terjerumus dalam tindakan kriminal. Sebagai contoh, ingin merasakan kaya raya dalam sekejap, akhirnya memilih cara-cara haram. Memang sempat menikmati hidup enak. Tapi, akhirnya malah dipenjara.

2. Si merasa paling berhak bahagia

Gak ada salahnya untuk mencintai diri sendiri dan melakukan apa pun yang kamu inginkan. Akan tetapi, ada batasan yang tidak boleh dilanggar, yakni gak boleh sampai merugikan orang lain.

Oleh sebab itu, hindari menjadi si merasa paling berhak bahagia sampai-sampai menabrak aturan segala. Cara pandang seperti ini jadinya malah menciptakan manusia-manusia egois yang hanya bikin kehidupan bermasyarakat jadi gak tenteram.

3. Ikut-ikutan orang lain

Kesalahan masa muda selanjutnya yang harus dihindari, yaitu ikut-ikutan orang lain. Perilaku mengekor seperti ini rentan sekali membuatmu jadi gampang dipermainkan orang, lho.

Cobalah berlatih memilih prinsip sendiri, dan patuhi. Orang akan respek, lho, kalau kamu punya prinsip dan gak gampang dipengaruhi orang lain.

4. Iri dengan pencapaian orang lain

Melihat orang lain berhasil semestinya membuatmu senang, lho. Itu artinya, kamu pun bisa seperti mereka. Jadi, hindari iri hati dan dengki.

Sikap seperti itu malah akan merusak hidupmu, karena kamu jadi minder atau malah sibuk melihat kehidupan orang lain terus. Sampai-sampai lupa usaha untuk memperbaiki diri sendiri.

Itu dia beberapa kesalahan di masa muda yang sebaiknya tidak kamu lakukan, ya. Konsekuensi bisa berujung penyesalan ketika sudah tua nanti. Tentunya kamu gak mau, dong?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak