facebook

4 Tips Menjaga Energimu agar Tidak Terbuang Sia-sia, Cegah Kelelahan Mental

Latifah ..
4 Tips Menjaga Energimu agar Tidak Terbuang Sia-sia, Cegah Kelelahan Mental
Ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/JESSICA TICOZZELLI)

Agar kehidupan bisa berjalan dengan baik diperlukan kondisi mental yang fit. Saat kesehatan mental terganggu, hal yang paling terasa adalah kamu jadi gak semangat untuk beraktivitas, dan itu akan menyebabkan penurunan produktivitas.

Di antara hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan mentalmu terjaga, adalah menghindari berbagai hal yang dapat membuang habis energi. Maka dari itu, kali ini akan membahas mengenai beberapa tips menjaga energi tidak terbuang sia-sia. Mari disimak.

1. Tidak mengikuti akun berisi informasi negatif

Sudah bukan rahasia lagi jika media sosial telah menjadi bagian besar dalam kehidupan manusia. Hal ini pula yang turut berkontribusi terhadap banyaknya orang yang mengalami kondisi mental terganggu, salah satunya akibat paparan media sosial. Misalnya, jadi sering membanding-bandingkan diri.

Di antara hal yang dapat kamu lakukan agar kesehatan mentalmu terjaga, adalah batasi akses media sosial. Hanya ikuti akun-akun yang bisa membawa pengaruh positif saja, sementara akun yang isinya huru-hara lebih baik tinggalkan.

2. Menikmati waktu sendiri

Apakah kamu termasuk yang merasa bersalah bila meluangkan waktu sendirian? Mulai sekarang hilangkan rasa bersalah itu, karena tiap orang berhak melakukan me time, kok.

Sesekali menolak ajakan teman untuk jalan bareng gak serta merta membuatmu jadi teman yang buruk, lho. Temanmu pun pasti akan mengerti ketika kamu hanya butuh waktu sendiri.

3. Hindari debat kusir

Perbedaan itu sebuah keniscayaan. Maka itu jangan heran apabila kamu kerap berbeda pendapat terhadap teman atau bahkan saat berinteraksi di media sosial.

Supaya energimu gak terbuang sia-sia, sebaiknya hindari debat kusir. Bukan hal yang penting juga, kan, apakah kamu memenangkan perdebatan atau tidak?

4. Melepas pasangan yang sudah tak layak diperjuangkan

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan agar kesehatan mentalmu tetap fit, adalah melepas pasangan yang sudah tak layak diperjuangkan. Hubungan asmara yang benar mestinya melibatkan dua pihak yang berjuang. Kalau si dia selama ini selalu berada di pihak enaknya aja, mending lepas saja.

Itu dia empat hal yang dapat kamu coba agar energi tidak terbuang sia-sia. Dengan demikian, mentalmu jadi gak lelah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak