facebook

7 Cara Mengatasi Cemburu dengan Pasangan

Rafi Alvirtyantoro
7 Cara Mengatasi Cemburu dengan Pasangan
Ilustrasi seseorang yang sedang cemburu dengan pasangannya.(Pexels/Budgeron Bach)

Suasana hati seseorang tidak bisa ditebak. Kamu pasti pernah merasakan cemburu pada pasanganmu, entah karena hal kecil atau besar. Ada beberapa orang yang sulit mengatasinya hingga kewalahan dan berakhir mempersulit hubungannya bersama pasangannya. Ada yang menjadi renggang, ada juga yang hubungannya berakhir.

Merangkum Huffpost, berikut adalah tujuh cara mengatasi rasa cemburu pada pasangan.

1. Jangan Ikuti Kata Hati

Perasaan cemburu terkadang bisa langsung menguasai hatimu sehingga ada rasa tidak nyaman di dalam dirimu. Inilah sebabnya, kamu tidak boleh untuk mengikuti kata hati ketika sedang cemburu. Kamu membutuhkan pikiran yang jernih untuk mengatasinya dan mencari solusi terbaik. PIkiran harus dipikirkan secara matang dan tidak boleh berpikir pendek. Kamu harus memikirkan risiko dari tindakanmu setelahnya. 

2. Tetap Tenang

Kamu harus tetap tenang ketika sedang merasa cemburu. Jangan sampai ego yang ada di dalam dirimu berhasil mengalahkanmu sehingga situasi semakin menjadi kacau. Tenangkan pikiran dan dirimu agar bisa merasa lebih siap untuk menghadapinya. Kamu tidak boleh terlihat tertekan dan emosi dalam menghadapi rasa cemburu tersebut. Mentalmu juga perlu disiapkan agar risiko terburuknya tidak membuatmu sakit.

3. Ungkapkan dengan Lembut

Datanglah kepada pasanganmu secara perlahan dan ungkapkan apa yang kamu rasakan dengan lembut. Kamu tidak bisa bertindak secara terburu-buru dan mengatakannya dengan emosi. Dirimu harus tenang agar pasanganmu juga mengerti dan merasa nyaman dengan hal yang ingin dibicarakan. Kamu juga tidak bisa memaksanya untuk mengaku atau membenarkan apa yang kamu tuduhkan padanya. Semuanya butuh ketenangan dan sikap yang lembut.

4. Hargai Diri Sendiri

Terkadang rasa cemburu muncul karena kamu merasa tidak cukup baik untuknya dan takut pasanganmu berpaling. Rasa cemburu yang satu ini tidak harus dilihat dari luar, tetapi dirimu sendiri. Kamu harus bisa menghargai diri sendiri agar rasa cemas yang membangun rasa cemburu bisa hilang. Kamu tidak bisa untuk terus menganggap remeh dirimu. Tanamkan dalam hatimu bahwa dirimu jauh lebih berharga dari orang-orang di luar sana.

5. Obati Lukamu

Sakit yang kamu rasakan akibat rasa cemburu yang menyerang harus segera kamu obati agar tidak terus menyebar dan melukai bagian yang lain. Lakukan apa yang kamu suka dan temukan hal yang menurutmu bisa menyembuhkan luka yang kamu rasakan. Pastinya ada banyak hal, mulai dari menghabiskan waktu bersama teman hingga melakukan hobimu.

6. Percaya Pada Pasanganmu

Kunci hubungan yang awet adalah percaya pada pasangan. Kamu harus percaya pada pasanganmu terlebih dahulu. Mungkin saja apa yang kamu rasakan tidak sepenuhnya benar. Ada bagian-bagian yang terlewat sehingga kamu merasa cemburu. Percaya pada pasanganmu adalah keputusan yang terbaik. Namun kamu harus juga bisa berhati-hati dan menyiapkan rencana lain ketika pasanganmu ketahuan berbohong.

7. Percaya Diri Sendiri

Solusi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah percaya pada dirimu. yakinlah bahwa kamu bisa mencintai pasanganmu tanpa menyesal di kemudian hari dengan perasaan cemburu yang sering kamu rasakan. Abaikan saja rasa tersebut dan mulai percaya pada dirimu sendiri. Hanya dirimu sendiri yang bisa menjadi tempat terakhirmu untuk berkeluh-kesah.

Itulah cara-cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa cemburu pasa pasanganmu. Semoga informasi di atas bisa membantumu dalam mengatasi masalah kecemburuan yang kamu rasakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak