facebook

6 Sebab Utama Karyawan Resign, Kamu Harus Tahu!

Budi Prathama
6 Sebab Utama Karyawan Resign, Kamu Harus Tahu!
Ilustrasi karyawan resign dari perusahaan. (Pixabay/@mohamed_hassan)

Bicara soal karier pekerjaan tentu ada banyak dan luas untuk bisa dibahas. Salah satunya masalah resign yang kadang terjadi dalam pekerjaan. Resign atau biasa juga dikenal mengundurkan diri dari tempat kerja (perusahaan). Ketika terjadi resign kepada karyawan harusnya bisa menjadi introspeksi, baik pada diri sendiri maupun perusahaan. 

Penyebab resign tentu banyak dan bisa berbeda-beda pada tiap individu karyawan. Namun pada dasarnya, setidaknya ada enam penyebab utama karyawan bisa resign dari perusahaan seperti dikutip dari akun instagram @golongan.sukses. 

1. Lokasi tempat kerja 

Lokasi tempat kerja bagi karyawan menjadi faktor yang sangat menunjang karyawan bisa bertahan lama. Jika lokasi pekerjaan memberatkan kepada karyawan, maka bisa saja karyawan akan mempertimbangkan untuk memilih pekerjaan atau berpindah ke tempat yang lebih nyaman. Lokasi pekerjaan yang nyaman tentunya bisa membuat karyawan bisa maksimal bekerja. 

2. Arah perusahaan yang tidak jelas 

Perusahaan dengan tujuan yang jelas tentu membuat karyawan akan merasa kalau mereka sudah tepat memilih pekerjaan dan bisa mengembangkan kariernya. Sebaliknya, perusahaan yang tidak jelas tentunya bisa membuat terombang-ambing dan mengakibatkan karyawan bisa resign, hingga akhirnya lebih memilih pekerjaan yang memang dianggap memiliki tujuan jelas. 

3. Masalah gaji dan upah

Mungkin alasan terbanyak penyebab orang bisa resign dari perusahaan terkait masalah gaji. Gaji yang dianggap rendah tentunya membuat karyawan mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan yang lebih tinggi gajinya. Apalagi kalau gaji dianggap tidak seimbang dengan pekerjaan yang dilakukan, maka disitulah karyawan tidak bakalan lama untuk bertahan hingga akhirnya melakukan resign dari perusahaan. 

4. Tempat kerja yang tidak ramah

Tempat kerja yang tidak ramah bisa saja membuat karyawan resign karena merasa tidak nyaman. Lingkungan kerja yang tidak ramah tentu tidak bisa fokus bekerja, pada kondisinya karyawan akan diuji kesabaran menghadapi kondisi namun sewaktu-waktu bisa meledak dan membuat karyawan bisa resign. 

5. Ingin beralih karier

Dalam memilih pekerjaan, karyawan bisa saja keliru dalam memilih pekerjaan. Ada kalanya pada kondisi itu karyawan bekerja namun tidak sesuai dengan passion mereka, sehingga setelah kontrak kerja di perusahaan selesai justru memilih untuk resign dan mencari pekerjaan lain yang dianggap sejalan dengan passionnya. 

6. Tidak berkembang

Banyak karyawan yang merasa bahwa selama bekerja di perusahaan tidak mengalami perkembangan dalam hidupnya. Ia merasa bahwa hidup hanya "gini-gini aja" yang tidak ada value dalam perkembangan kariernya. Sehingga pada kesempatan itu, ia pun mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari perusahaan demi kebaikan kariernya di masa depan. 

Nah, itulah enam penyebab utama karyawan bisa resign atau keluar dari perusahaan tempat bekerja. Artinya bahwa seseorang memutuskan untuk resign bukan hanya soal gaji, tetapi juga sangat dipengaruhi faktor lain dalam menunjang hidup. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak