facebook

3 Tanda Kamu Terkena Reading Slump, Salah Satunya Mudah Mengantuk

Elvira D Paramitha
3 Tanda Kamu Terkena Reading Slump, Salah Satunya Mudah Mengantuk
Membaca Buku (unsplash.com/Clay Banks)

Reading slump adalah kondisi dimana kamu tidak dapat membaca buku untuk satu waktu tertentu entah karena bosan atau hanya karena kurang motivasi. Hal ini biasanya paling sering dialami saat kamu membaca buku terlalu banyak dalam kurun waktu yang berdekatan. Namun, terkadang, masih banyak orang yang tidak mengerti saat dia terkena reading slump dan masih memaksakan diri untuk membaca. Padahal, saat terkena reading slump, kamu perlu istirahat sejenak dari aktivitas membaca buku. Oleh karena itu, untuk kamu yang masih tidak menyadari ciri-ciri terkena reading slump, kamu dapat melihat tiga tandanya di bawah ini.

1. Mudah Mengantuk

Ciri paling mudah terlihat saat terkena reading slump adalah kamu akan mudah mengantuk saat membaca buku. Hal ini dikarenakan, kamu akan mudah bosan melihat banyak tulisan pada buku. Terutama saat mengetahui bahwa buku yang kamu baca memiliki jumlah halaman yang terlampau banyak, kamu akan merasa muak dan lelah bahkan sebelum membaca. Saat terkena reading slump, kamu juga akan sangat mudah mengantuk apalagi jika kamu membaca di tempat-tempat yang terlalu nyaman seperti di atas kasur atau di atas sofa. Sebab, reading slump juga menjadikan kamu malas untuk membaca dan memahami isi buku.

2. Mudah Kehilangan Fokus

Saat kamu membaca buku, apalagi jika kamu masih belum terbiasa, hal-hal lain selain membaca buku akan terlihat lebih menyenangkan untuk dilakukan. Hal ini disebabkan kamu terkena reading slump. Saat terkena reading slump, fokus akan mudah terpecah ke hal-hal lain selain membaca buku contohnya seperti bermain ponsel atau memakan snack

3. Sulit Memahami Isi Buku

Saat kamu merasakan reading slump, kamu akan sulit untuk memahami isi buku. Bahkan dengan plot yang ringan dan genre yang sesuai dengan kesukaanmu, kamu tetap akan merasa sulit menyelesaikan bahkan untuk satu lembar saja. Reading slump juga dapat menyebabkan mood kamu berubah-ubah yang menyebabkan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan bacaan. Saat membaca buku fiksi, kamu juga akan sangat sulit membayangkan setiap adegan dalam tiap-tiap bab yang menyebabkan kamu menjadi tidak paham dengan jalan cerita.

Itulah tiga tanda kamu terkena reading slump yang jarang disadari. Bagaimana, apakah kamu pernah mengalami salah satunya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak