facebook

Mau Jadi Mahasiswa Produktif? Ketahui 3 Hal Ini Dulu, Yuk!

Adira Putri Aliffa
Mau Jadi Mahasiswa Produktif? Ketahui 3 Hal Ini Dulu, Yuk!
Ilustrasi mahasiswa (Pexels.com/Kindel Media)

Bisa menempuh dunia perkuliahan adalah sebuah kesempatan baik yang perlu dimanfaatkan. Waktu yang berharga itu perlu diisi dengan kegiatan yang berkesan. Tentunya dengan memperbanyak pengalaman, memahami pelajaran, memperluasi jaringan pertemanan, dan hal lainnya.

Intinya, ada banyak kesibukan yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Mulai dari yang ringan sampai yang menguras tenaga dan pikiran. Namun, sebelum menjadi mahasiswa seproduktif dan seaktif yang seperti itu, kamu perlu mengetahui 3 hal ini dulu, yuk! 

1. Tingkatkan Keahlian Manajemen Waktu

Dari banyaknya kegiatan yang kamu lakukan, kamu perlu mahir dalam mengatur waktu yang kamu gunakan. Kamu perlu pandai mengatur skala prioritas harian. Kamu perlu membagi kegiatan sesuai dengan kapasitas dan jam harian.

Kamu harus bisa mengutamakan hal-hal yang jadi prioritas besarmu. Misalnya ketika kuliah dari pagi sampai sore, kamu perlu menaruh fokusmu untuk menerima materi dari dosen.

Apabila kamu diberikan tugas, maka kerjakan sesegera mungkin, supaya kamu bisa memanfaatkan waktu luang setelahnya untuk kegiatanmu yang lain. 

2. Mampu Bertanggung Jawab 

Selain satu hal tadi, rasa tanggung jawab juga perlu kamu tingkatkan, bila ingin menjadi mahasiswa aktif. Apalagi ketika ada banyak kegiatan yang kamu pilih. Tentunya tanggung jawabmu atas pilihanmu juga harus semakin besar.

Kamu perlu mengukur kemampuan dirimu. Apa kiranya kamu mampu bertanggung jawab atas semua itu? Jangan sampai karena terlalu banyak kegiatan yang kamu pilih, kamu jadi kurang optimal untuk menjalankan setiap peran dalam kegiatan itu.

Maka dari itu, kamu perlu mengerti risiko dan pengorbanan yang akan kamu dapatkan sebelum memilih pilihan itu.

3. Tidak Terlalu Memaksa Diri

Terlalu memaksakan diri untuk mengikuti banyak kegiatan sebaiknya juga tidak kamu lakukan. Nanti bukannya kamu dapat pengalaman yang berkesan, kamu malah merasa kewalahan.

Sebelum memilih kegiatan, ada baiknya kamu sesuaikan saja dengan kemampuanmu. Pilih yang sekiranya tidak terlalu membuatmu harus mengorbankan waktu istirahatmu. Sekuat-kuatnya kamu pun pasti butuh istirahat, bukan? 

Nah itu dia tadi 3 hal yang perlu kamu ketahui sebelum menjadi mahasiswa produktif dan aktif. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak