5 Ciri Anak yang Bakal Sukses di Masa Depan, Kerap Tidak Disadari!

Budi Prathama
5 Ciri Anak yang Bakal Sukses di Masa Depan, Kerap Tidak Disadari!
Ilustrasi ciri anak yang bakalan sukses dikemudian hari. (Pixabay/@StartupStockPhotos)

Anak bisa tumbuh berkembang dalam keadaan sukses adalah keinginan semua orang. Namun anak bisa menjadi tumbuh dewasa dengan hidup sukses tentu bukan perkara mudah dan memang sulit, tetapi bukan berarti bisa. Kadang kala perjalanan anak justru tidak sesuai dengan ekspektasi. Misalnya keinginan agar anak bisa tumbuh menjadi orang sukses, tetapi justru tidak kesampaian. 

Sebenarnya tidak ada rumus tertentu agar anak bisa menjadi sukses, tetapi setidaknya ada beberapa faktor pendukung yang membuat anak bisa sukses. Berikut lima ciri anak yang bakalan sukses dikemudian hari seperti disadur dari akun instagram @golongan.sukses. 

1. Punya orang tua yang growth mindset

Orang tua yang selalu memberikan support dan menghargai setiap usaha anak jelas sangat berpengaruh pada diri anak, dan bisa tumbuh berkembang dan menjadi orang sukses. Hal ini terjadi karena orang tercinta selalu memberikan dukungan dan anak merasa tidak sendirian ketika melakukan sesuatu hal, meskipun sering dijatuhi berbagai kesalahan. 

Ketimbang saat anak melakukan kesalahan, para orang tua tidak boleh menilai bahwa usahanya tidak berarti apa-apa. Di sinilah peran orang tua sangat penting untuk tetap memberikan dukungan kepada anak pada setiap usaha dilakukan, meskipun tidak memberikan hasil yang memuaskan. 

2. Berpendidikan tinggi

Kalau ada orang yang mengatakan, "banyak juga kok orang sukses yang putus sekolah tetapi mereka bisa juga sukses." Yah, pernyataan itu memang tidak salah.Tetapi penting diingat bahwa dibalik itu ada banyak lagi yang hidupnya hancur, miskin, bahkan mati muda. Semakin tinggi pendidikan anak, tentunya juga makin besar peluang untuk menjadi orang sukses ketimbang mereka yang pendidikannya rendah. 

3. Anak terbiasa dengan keahlian sosial

Peneliti dari Pennsylvania State University and Duke University menelusuri lebih dari 700 anak usia TK sampai 25 tahun dan menemukan hubungan erat antara kemampuan sosial semasa TK menentukan sukses di usia dewasa dua dekade mendatang. Kemampuan sosial seperti empati dan kerjasama sangat mendukung anak bisa tumbuh dengan baik, dan tentu hidupnya pun bisa menjadi orang yang sukses. 

4. Memiliki ekspektasi yang tinggi

Menggunakan data survei 6.600 anak yang lahir di tahun 2001, Profesor Neal Halfon dari UCLA menemukan ekspektasi orang tua terhadap anaknya bisa berdampak pencapaian yang besar. Ekspektasi yang tinggi pada anak akan mendorong untuk bisa lebih semangat berjuang, tetapi dengan catatan perlu sejalan dengan passion anak. 

5. Minim stress

Menurut penelitian yang dikutip dari Brigid Schulte dari Washington Post, jumlah jam yang disediakan ibu dengan anak berusia antara 3-11 tahun bisa memprediksi perilaku, kebahagiaan, dan pencapaian seorang anak. Kondisi ini bisa menghindari minim stress, orang yang sering dilanda stres tentu bakalan sulit menjalani kehidupan yang sejahtera dan sukses. 

Nah, itulah lima ciri anak yang bakalan sukses di masa mendatang. Meskipun ciri tersebut tidak menjamin anak harus sukses, tetapi setidaknya sudah mendekati dan memang ada upaya orang tua untuk mendorong tumbuh kembang anak ke arah kesuksesan. Tanaman yang tumbuh baik, tentu akan berbuah baik pula. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak