5 Cara Simpel Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hemat Uang, Patut Diterapkan!

Budi Prathama
5 Cara Simpel Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hemat Uang, Patut Diterapkan!
Ilustrasi cara simpel hemat uang. (Pixabay/@nosheep)

Bicara soal uang tentu bisa amat luas dan peruntukannya kepada manusia juga besar. Melalui uang kita dapat berbuat banyak, sebaliknya dengan kekurangan uang biasanya akan sulit untuk membeli barang dan melakukan berbagai hal, meskipun sangat dibutuhkan. 

Biasanya kekurangan uang dapat dipicu dengan hidup boros, tidak mampu menyisakan uang untuk keperluan yang lain dan sangat mudah tergiur membeli barang yang belum tentu menjadi kebutuhan, hanya karena memenuhi keinginan semata. Artinya mereka tidak mampu menggunakan uangnya secara bijak dan tidak mampu berhemat uang. 

Hemat uang tentu bukan perkara mudah melakukannya, harus selalu membiasakan dan memang punya prinsip yang kuat dalam mengelola uang. Terkait dengan hal tersebut, berikut lima cara simpel yang dapat dilakukan untuk menghemat uang seperti yang disadur dari akun instagram @golongan.sukses. 

1. Catat semua transaksi dan evaluasi setiap bulan 

Cara ini tentu sangat relevan dilakukan guna mengetahui setiap pengeluaran dan dapat menjadi penopang agar bisa hidup hemat dalam membelanjakan uang. Ketika kita tidak mengetahui setiap belanja kita, dikhawatirkan tidak berhenti untuk terus membeli barang karena tidak sadar. Apalagi kalau terus mengikuti hasrat keinginan yang tak kuat melihat barang-barang baru. Untuk itulah penting mengetahui setiap belanja dan cara simpelnya dapat dilakukan dengan mengevaluasi setiap bulannya. 

2. Keluarkan uang untuk kebutuhan bukan keinginan

Ini yang harus disadari saat berbelanja penting mengetahui apakah barang tersebut benar-benar suatu kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. Membeli barang yang berlandaskan pada keinginan semata tentu tidak akan ada habisnya untuk merasa cukup dan selalu dipicu untuk selalu membeli barang. Beda halnya bagi mereka yang membeli barang hanya memenuhi kebutuhan, mereka akan membeli barang kalau memang suatu kebutuhan dan tidak akan berbelanja kalau masih ada barang lain yang bisa digunakan. 

3. Jadwalkan menu makan untuk satu minggu

Hidup berhemat bukan berarti selalu memikirkan uang untuk dikeluarkan, atau dalam bahasa lain kikir. Cuman perlu yang namanya pola hidup hemat dalam mengelola keuangan. Membuat menu makan untuk satu minggu setidaknya dapat mengurangi pengeluaran setiap harinya serta di sisi lain cara itu tetap memperhatikan kondisi tubuh agar tetap bisa sehat. 

4. Mulai menabung dan berinvestasi

Jangan menunggu kaya baru menabung dan berinvestasi. Mulai dari sekarang penting untuk membiasakan menabung apalagi berinvestasi. Meskipun investigasi tidak memberikan dampak signifikan hari ini tetapi akan menunjukkan hasilnya pada masa mendatang, karena berinvestasi adalah aset untuk masa depan. Baiknya kalau sudah menerima gajian dapat digunakan sebagian untuk berinvestasi, artinya jangan menunggu sisa baru berinvestasi. 

5. Menggunakan transportasi umum

Bagi yang belum memiliki transportasi pribadi ada baiknya untuk selalu menggunakan transportasi umum ketimbang menggunakan transportasi yang mahal-mahal. Sementara bagi mereka yang sudah punya kendaraan pribadi lebih baik menggunakan kendaraan roda dua ketimbang roda empat dan memilih kendaraan yang memang hemat bahan bakar. 

Nah, itulah lima cara simpel untuk hemat uang semoga saja kita dapat melakukannya dengan mudah. Melalui hidup hemat tentunya juga dapat memudahkan dalam menjalani hidup karena kondisi keuangan tetap bisa terkontrol dan normal. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak