3 Prinsip Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan agar Hidupmu Lebih Berarti

Adira Putri Aliffa
3 Prinsip Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan agar Hidupmu Lebih Berarti
Ilustrasi seorang wanita sedang melihat pemandangan (Pexels.com/MariaTyutina)

Prinsip hidup sangatlah berpengaruh dengan bagaimana seseorang menjalani hidupnya. Tanpa prinsip itu, rasanya hidup ini terasa biasa-biasa saja dan kurang istimewa. Namun, sebaliknya, bila seseorang memiliki prinsip hidup dan prinsip itu baik, maka dunia ini pasti akan lebih bermakna untuk dirinya. Sudut pandangnya dalam menghadapi kesulitan dunia pun menjadi lebih luas. Dia tak selalu berpikir negatif tentang masalah hidup yang dialami, malahan dia selalu berpikir positif atas pesan baik yang ingin Tuhan beri. Nah, bila kamu ingin menjadi sosok yang seperti itu, yang bisa hidup dengan seutuhnya, yuk coba terapkan 3 prinsip ini!

1. Sebar Kebaikan dan Kebahagiaan dari Hal-hal Sederhana

Kebaikan dan kebahagiaan akan lebih berarti, bila kamu bagi dan tidak kamu simpan sendiri. Bentuklah kebaikan itu dan cobalah untuk membagikannya ke lingkungan sekitar. Kamu bisa melakukannya dengan berbagi makanan, berbagi senyuman, berbagi inspirasi, berbagi tawa, dan segala hal sederhana juga bisa kamu lakukan. Intinya, berbahagialah, berbuat baiklah, dan berbagilah itu semua semampumu, senyamanmu, dan sesuaikan dengan keadaanmu. Dengan begitu, perasaanmu akan jauh lebih lega. Kamu pun bisa merasa hidup lebih seutuhnya.

2. Jangan Ragu Tuk Buat Perubahan Kecil

Semua orang di dunia ini pasti pernah merasa ragu. Namun, tak semuanya mampu untuk menerima dan menghadapi keraguan itu. Kebanyakan orang memilih mundur untuk menghilangkan keraguan itu. Padahal dengan maju malah bisa membuatnya belajar banyak hal.

Mulai sekarang, hadapi setiap takut dan ragumu untuk membuat perubahan kecil, untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai, untuk melakukan hal-hal yang menurutmu berdampak baik.

Hadapi setiap ketakutan dan keraguan dengan impian. Tanamkan pemikiran bahwa kamu perlu maju meski hanya selangkah, kamu perlu maju meski gagal, kamu perlu maju meski belum siap. Perlahan langkah demi langkah yang berlanjut itu akan membawamu sampai ke tujuan yang kamu inginkan. Pastinya dengan itu kamu bisa merasa hidupmu jauh lebih berarti.

3. Hargai Apa Yang Sudah Dimiliki

Dalam berjuang, sesekali kamu juga perlu berhenti, menepi, dan kembali menatap sekitar. Ratapi lagi apa yang sudah kamu miliki. Hargai orang-orang yang masih ada di sisi. Nikmati hal-hal yang selalu menyertai. Terlalu sering berlari, mungkin kadang membuatmu lupa meluangkan waktu untuk menghargai itu semua. 

Nah itu dia tadi 3 prinsip sederhana yang bisa kamu terapkan agar hidup lebih berarti. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak