4 Peran Seorang Suami dalam Keluarga

Mutami Matul Istiqomah
4 Peran Seorang Suami dalam Keluarga
ilustrasi keluarga.[Freepik.com/tirachardz]

Menjadi seorang suami adalah sebuah kebanggaan dari seorang laki-laki. Pasalnya, dia telah berhasil mengikat hati salah seorang wanita yang kemudian berhasil dia nikahi. Setelahnya, dia kembali mengalami keindahan dalam hidup untuk menjalani kehidupan bersama dengan orang terkasihnya itu. 

Namun, hidup juga perihal tanggung jawab. Ketika kita berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan, kita berkewajiban untuk menjaganya. Peran seorang suami dalam rumah tangga menjadi begitu penting. Karena dia adalah pendamping bagi istrinya, ayah bagi anaknya, dan kepala bagi rumah tangga itu sendiri. Di pundak seorang kepala rumah tangga, tidak seringan membawa seikat kayu bakar. 

Kira-kira, beginilah penggambaran tanggung jawab seorang suami kepada keluarga kecilnya. 

1. Memastikan kecukupan secara finansial 

Seorang suami bertanggung jawab memastikan di dalam keluarganya bisa tercukupi secara finansial. Adalah tanggung jawab penuh bagi seorang suami untuk mencukupi kebutuhan anak dan istrinya. Hal itu termasuk salah satunya adalah kebutuhan secara finansial. 

Seorang suami harus bekerja keras untuk mendapatkan uang yang cukup untuk di bawa pulang dan untuk membeli lauk makan. Jangan hanya fokus mencari uang saja, namun suami juga harus peduli mengenai bagaimana perputaran keuangan tersebut di dalam keluarga. Apakah cukup atau justru pas-pasan. 

2. Peran sebagai seorang suami 

Peran sebagai seorang suami yaitu dilakukan saat menjadi pendamping seorang istri. Dengan mendengarkan pendapat istri dan berdiskusi bersama, membantu urusan rumah tangga, menyayangi istri sepenuh hati dan berusaha untuk menjadi seorang suami siaga adalah salah satu dari beberapa contoh peran suami kepada istri. 

Meskipun sudah berumah tangga dalam kurun waktu yang lama, hubungan antara suami dan istri tetap harus dijaga kehangatannya. Jangan sampai benih-benih cinta itu kering di tengah jalan dan dibiarkan begitu saja. Kamu dan pasangan memiliki tanggung jawab untuk merawatnya. 

3. Peran sebagai seorang ayah 

Peran sebagai seorang ayah adalah menemani tumbuh kembang si kecil. Jangan sampai kamu lepas tangan terhadap kepedulian kepada anak, lantas memasrahkan segala hal berkaitan dengan anak kepada pasangan. 

Anak juga membutuhkan peran seorang ayah dalam pertumbuhannya. Anak yang mendapatkan kasih sayang ayahnya secara utuh, akan mendapatkan pertumbuhan yang lebih optimal. Dia akan merasa disayangi, dilindungi, dan memiliki keluarga yang begitu peduli dengannya. 

4. Menjamin keluarga merasa aman 

Ayah adalah garda terdepan dalam rumah tangga. Ayah harus memastikan keluarganya dalam kondisi yang terus merasa aman. Ketika ada suatu masalah, ayah harus menjadi orang yang peduli untuk menengahi ataupun membantu mencarikan solusi. 

Begitu juga ketika ada pihak yang mengganggu keluarga, ayah harus menjadi orang yang berada paling depan untuk membela dan memberi rasa aman untuk keluarganya. Sehingga keluarga akan terus merasa aman dan dilindungi. 

Itu dia 4 peran suami dalam rumah tangga. Sepertinya, masih banyak peranan lain yang belum dituliskan. Apa lagi menurutmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak