4 Hal yang Membuat Seseorang Menangis

Mutami Matul Istiqomah
4 Hal yang Membuat Seseorang Menangis
Ilustrasi menangis (Pexels/Cottonbro)

Menangis adalah hal yang wajar dan manusiawi. Namun, entah kenapa banyak orang yang merasa malu ketika menangis. Kalau kamu sedih dan ingin menangis, tidak apa-apa, kok. Menangis itu satu dari beberapa cara untuk meluapkan emosi. Di mana hal itu akan membuat kamu merasa lebih baik dan tenang. 

Namun, penasaran nggak sih mengenai beberapa alasan seseorang menangis? 

1. Kehilangan 

Alasan yang paling banyak dialami adalah karena kehilangan. Kehilangan apa pun itu bukanlah hal yang mudah. Ketika kita telah memiliki sesuatu, kemudian kita kehilangannya, tentu memerlukan waktu untuk menyiapkan diri dan menerima perasaan yang terjadi. Intinya, tidak mudah melepaskan sesuatu yang sudah kita akui menjadi milik kita. 

Apakah kamu pernah menangis karena kehilangan sesuatu? Mungkin kamu juga masih sering menangis sampai sekarang kalau mengingatnya, ya. Namun bagaimanapun itu, kita tetap harus berusaha untuk menerima kenyataan dan memahami keadaan sehingga bisa menjalani kehidupan dengan jauh lebih bijaksana. 

2. Merasa gagal 

Memperjuangkan sesuatu, kemudian tidak berhasil mendapatkannya adalah sebuah kejadian pahit yang tetap harus ditelan dan diterima. Bukan gagal sebenarnya, hanya perlu berusaha lebih keras lagi.

Namun, semanis apa pun motivasi, kegagalan akan tetap terdengar menyakitkan. Ketika mengalaminya sendiri, kalimat orang lain hanyalah sebuah kata yang masuk dan keluar di telinga. Entah apa maknanya. 

Menangis karena merasa gagal adalah salah satu bentuk kekecewaan yang mendalam. Mudah sekali membayangkan perasaannya, tapi ketika berada di posisi tersebut, belum tentu bisa sekuat yang dituliskan.

Semua punya porsi sendiri-sendiri. Ketika kamu merasa gagal, kamu harus memacu dirimu menjadi lebih baik lagi ke depannya. 

3. Merasa takut 

Menangis karena takut, takut apa, nih? Apakah karena takut dengan sesuatu yang belum terjadi, sesuatu yang sudah dilakukan, atau sesuatu yang lain? 

Yang bisa mengendalikan ketakutan adalah diri sendiri. Sejatinya kalau kita tidak melakukan hal yang salah, tidak perlu takut dengan apapun. 

Namun demikian, kontrol diri adalah yang terpenting. Bagaimana kamu mengendalikan hatimu, begitulah ketakutan bisa kamu kendalikan. 

4. Merasa bersalah

Merasa bersalah adalah suatu perasaan yang membuat kita merasa gelisah. Maka dari itu, berusahalah untuk menjaga sikap dengan bijaksana sehingga kita terhindar dari berbuat salah kepada orang lain. 

Namun karena manusia adalah tempatnya salah, maka ketika kamu bersalah dengan orang lain, segera selesaikan. Mintalah maaf, buatlah pengakuan. Masalah yang segera diselesaikan jauh lebih baik dibandingkan jika terus dipendam sendirian. 

Itu dia 4 hal yang sering kali membuat seseorang menangis. Apakah kamu juga pernah melakukannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak