Anti Gagal! 5 Tips Sukses Introvert Dapat Teman

Rafi Alvirtyantoro
Anti Gagal! 5 Tips Sukses Introvert Dapat Teman
Ilustrasi seseorang yang telah mendapatkan teman sefrekuensi. (Pexels/Helena Lopes)

Memiliki teman yang sedikit bagi seorang introvert mungkin sudah dianggap biasa oleh kebanyakan orang, Padahal, seorang introvert juga ingin memiliki banyak teman, tetapi bingung darimana harus memulainya.

Berikut adalah lima tips sukses seorang introvert mendapatkan teman.

1. Punya Alasan yang Kuat

Kamu harus memiliki alasan yang kuat untuk berteman dengan yang lain. Jika tidak, mungkin kamu tidak akan bergerak dan hanya menjadi keinginan saja.

Teman yang kamu bayangkan di sampingmu hanya akan menjadi bayangan dan tidak terwujud. Kamu harus yakin bahwa alasan yang kamu buat untuk berteman bisa mengalahkan rasa takutmu dalam bersosialisasi.

2. Temukan Minat

Setiap orang tentunya mempunyai minat di dalam dirinya. Kamu harus menemukan hal tersebut terlebih dahulu sebelum berteman. Setelah itu, kamu bisa untuk mencari teman dengan minat yang sama. Itu jauh lebih mudah daripada kamu mencoba berteman secara acak.

Jika mempunyai minat yang sama, pertemanan yang kamu bangun bersamanya akan bertahan lama. Kamu akan menghabiskan banyak waktu bersamanya dengan melakukan yang kamu dan temanmu minati.

Coba ajak temanmu untuk membuat atau bergabung ke dalam sebuah komunitas dengan minat yang sama, sehingga kamu dan temanmu bisa mendapatkan teman seminat yang lebih banyak.

3. Jangan Takut Coba Hal Baru

Ikuti saja alur permainannya. Kamu tidak bisa untuk mundur hanya karena ada hal baru yang kamu coba. Kamu harus berani untuk mencoba hal baru dan bersosialisasi dengan teman barumu.

Coba saja terlebih dahulu, jika kamu merasa tidak nyaman, kamu bisa memberikan opsi lain kepada temanmu sebagai masukan. Kamu juga bisa bertanya tentang hal lain yang sekiranya bisa membuatmu nyaman saat melakukannya. Kamu harus bisa sabar terlebih dahulu karena mungkin kamu belum terbiasa dengan hal-hal tersebut.

4. Terlibat dengan Sekitar

Jangan abaikan lingkungan sekitarmu. Kamu bisa mencoba untuk memperhatikan sekitar dan mendapatkan teman baru dari sana. Jika ada peluang kamu harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Ketika ada seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu harus menolongnya. Itu bisa menjadi awal pertemananmu dengannya.

Ikutilah kegiatan-kegiatan yang produktif yang memiliki banyak anggota. Kamu juga bisa mengikuti organisasi atau kepanitiaan dalam sebuah acara agar bisa menambah teman dan relasi.

5. Ubah Perilaku

Tentunya kamu harus bisa mengubah perilakumu. Namun kamu tidak perlu mengubah identitas diri. Cukup jadi dirimu sendiri dengan perubahan perilaku. Itu sudah lebih dari cukup. Temanmu pastinya ingin melihat bagaimana dirimu yang asli.

Tunjukkan dirimu tanpa kepura-puraan yang bisa menyebabkan runtuhnya kepercayaan temanmu. Kamu bisa mencoba untuk saling mengenal dengan temanmu setelahnya.

Itulah tips untuk seorang introvert yang ingin memiliki teman. Semoga informasi di atas bisa membantumu agar bisa dengan cepat menemukan teman sejati.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak