5 Cara Mencegah Jatuh Cinta dengan Dua Orang atau Lebih

Rafi Alvirtyantoro
5 Cara Mencegah Jatuh Cinta dengan Dua Orang atau Lebih
Ilustrasi seorang wanita yang jatuh cinta dengan dua lelaki. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Jatuh cinta adalah sebuah perasaan yang manusiawi dan pernah dirasakan hampir semua orang. Namun bagaimana jika kamu mencintai lebih dari satu orang? Kamu harus bisa mengatasi dan mencegahnya jangan sampai itu merugikanmu. Tidak semua pasangan atau individu ingin dicintai oleh seseorang yang mencintai yang lain juga.

Berikut adalah lima cara mencegah jatuh cinta dengan dua orang atau lebih.

1. Pastikan Perasaan yang Sebenarnya

Kamu harus memastikan perasaan yang kamu rasakan. Jangan sampai perasaan yang salah bisa menyakiti orang lain. Kamu bisa mencoba untuk mengamatinya secara perlahan. Tidak perlu terburu-buru untuk menemukannya agar hasilnya lebih jelas. Kamu bisa meminta bantuan temanmu dan pendapatnya. Jika terus saja mengandalkan diri sendiri, takutnya kamu tidak bisa berpikir jernih karena telah dibutakan oleh cinta.

2. Seberapa Tulus Perasaanmu

Mengukur seberapa tulus perasaanmu itu sangat diperlukan. Kamu bisa tanyakan pada dirimu sendiri untuk mengetahui jawabannya. Perhatikan hal-hal yang bisa membuatmu merasakan ketulusan. Tidak hanya dirimu, kamu juga harus mengukur lawan mainmu. LIhatlah yang paling tulus diantara mereka. Kamu bisa saja melihat tanda-tanda yang mengartikan bahwa orang itu tulus padamu. Untuk itu kamu perlu sabar dalam melakukannya.

3. Jenis Cinta Apa yang Kamu Rasakan

Ada beberapa perasaan cinta yang mungkin jarang diketahui orang. Ini harus diketahui dan dikelompokan segera agar tidak ada kesalahpahaman antara kamu dan mereka. Ada cinta romantis yang bisa dibilang perasaan terdekat yang menandakan bahwa kamu mencintainya dengan tulus dan apa adanya. Ada juga cinta seksual yang merupakan cinta karena nafsu belaka. Yang terakhir ada cinta idealis yang termasuk perasaan cinta yang paling umum. Cinta yang idelias bisa dibilang kamu cinta dengan gagasan tentangnya, bukan kenyataan.

4. Pilih yang Paling Cocok

Pilih salah satu dari keduanya. Pastikan kamu jangan salah pilih karena akan menjadi pasangan yang akan menemanimu. Kamu bisa melakukan pertemuan atau kencan sebelum menjalin hubungan untuk melakukan tes sebelum kamu memiliki hubungan yang lebih dengannya. Bandingkan penilain antara keduanya dan pilih yang paling mendekati dengan kriteria pasanganmu. Kamu bisa melakukan tes secara tersembunyi karena takutnya mereka menjauh setelah mengetahuinya.

5. Jujur dengan Mereka

Kejujuran sangat diperlukan dalam menjalin hubungan. Jika sebelumnya sudah berbohong, bagaimana dengan setelahnya. Tentunya kamu tidak ingin menjadi pasangan yang buruk. Pastikan kamu sudah menyiapkan kata-kata untuknya.

Jangan sampai ada yang tersinggung atau merasa terhina karena perbuatanmu. Bicarakan dengan perlahan dan biarkan dirinya merasa nyaman. Ketika reaksinya sedih hingga marah, kamu harus bisa menanggung risikonya. Biarkan mereka mengeluarkan emosinya. Sebaliknya, jika kamu diam terus itu akan menganggu kesehatanmu.

Itulah lima cara mencegah jatuh cinta dengan dua orang atau lebih. Semoga informasi di atas bisa membantu dalam memutuskan siapa yang kamu pilih untuk diberikan cinta dan kasih sayang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak