4 Tipe Penghuni Kos yang Wajib Kita Waspadai, Jangan Lengah

Mutami Matul Istiqomah
4 Tipe Penghuni Kos yang Wajib Kita Waspadai, Jangan Lengah
Ilustrasi lorong indekos (Pexels.com/pixabay)

Bagi orang yang bekerja maupun menempuh pendidikan di tempat yang jauh dari tempat tinggal aslinya, tinggal di kos-kosan atau rumah indekos bisa menjadi pilihan. Hal ini agar bisa menghemat waktu, tenaga, maupun biaya yang kita butuhkan jika harus menempuh perjalanan pulang-pergi setiap hari.

Ketika tinggal di kos-kosan, kita akan bertemu dan tinggal bersama penghuni-penghuni lainnya. Mereka akan menjadi teman kos kita dan mungkin akan menjadi akrab. Terlebih jika kita ngekos bersama teman kuliah atau teman kerja kita, hal ini akan memperkuat hubungan.

Namun, tidak semua orang-orang di kos pasti adalah orang baik. Ada kemungkinan mereka memiliki niat atau kebiasaan buruk yang bisa merugikan kita.

Banyak kasus kejahatan seperti perampokan atau penipuan yang dilakukan di kos-kosan dan banyak pula yang pelakunya adalah penghuni kos itu sendiri. Jika kita tidak hati-hati, kita bisa menjadi korban kejahatan maupun perlakuan yang tidak menyenangkan.

Oleh sebab itu, kita harus selalu hati-hati dan waspada. Berikut ini adalah 4 jenis penghuni kos yang wajib kita waspadai

1. Tidak Jelas Asal-Usulnya

Meskipun sama-sama tinggal di kos, biasanya kita mengetahui asal-usul teman kos kita. Misalnya tempat kerja atau kuliahnya, alamat asli, dan lain sebagainya. Namun, jika ada penghuni kos yang tidak jelas asal-usulnya, seperti tidak jelas pekerjaan dan alamat aslinya, kita perlu waspada.

Bisa jadi, orang tersebut menyembunyikan asal-usulnya karena ada masalah di tempat lain yang tidak ingin orang lain di kosan mengetahuinya. Selain itu, apabila terjadi masalah atau kasus, kita akan sulit melacak keberadaan orang tersebut karena ketidakjelasan asal-usulnya.

2. Belum Lama Tinggal Di Kos

Semakin lama seseorang tinggal di kos tersebut, secara umum bisa lebih dipercaya dibanding orang yang baru tinggal. Terlebih jika orang tersebut sering pindah-pindah kos. Bisa jadi ada masalah yang membuatnya pindah dari kos lamanya. Jika benar demikian, maka dia bisa kembali membuat masalah di kos barunya.

3. Sering Meminjam Barang

Kita juga harus waspada dalam meminjami barang pada penghuni kos. Apalagi jika barang yang memiliki nilai atau harga yang mahal seperti ponsel atau kendaraan. Jika kita tidak waspada, barang tersebut bisa dibawa kabur oleh orang tersebut.

4. Tingkahnya Mencurigakan

Kita biasanya akan bisa merasakan jika gelagat seseorang di kos terkesan aneh atau mencurigakan. Misalnya sering terlihat mengendap-endap. Atau terlihat seperti sedang mengawadi keadaan. Mungkin dia sedang merencakan hal yang tidak baik, oleh sebab itu kita harus waspada terhadapnya.

Demikian 4 contoh penghuni atau teman kos yang wajib kita waspadai. Jangan lengah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak