4 Tips Menghadapi Teman yang Banyak Bicara, Jangan Buang Waktumu

Mutami Matul Istiqomah
4 Tips Menghadapi Teman yang Banyak Bicara, Jangan Buang Waktumu
Ilustrasi teman banyak bicara (Pexels.com/karolina-grabowska)

Beberapa orang memiliki kegemaran untuk selalu berbicara. Berbagai macam hal baik yang penting maupun tidak penting bisa menjadi bahan pembicaraan yang tidak ada habisnya. Orang seperti ini bisa terus berbicara sepanjang hari tanpa merasa lelah.

Jika kita sering berinteraksi dengan orang ini, kita harus sabar dalam mendengarkan. Sering kali, kebiasaannya terlalu banyak bicara bisa membuat kita terganggu. Terlebih, jika kita sedang tidak santai atau sedang mengerjakan pekerjaan yang penting.

Oleh sebab itu, berikut ini adalah 4 tips yang bisa kita lakukan untuk menghadapi orang yang terlalu banyak berbicara.

1. Dengarkan dan jawab seperlunya

Kita tetap harus menghormati orang yang berbicara meskipun kita kurang senang dengan pembicaraannya. Namun, jika orang tersebut terlalu banyak bicara, maka kita cukup mendengarkan seperlunya saja. Kita bisa lebih fokus pada aktivitas lain yang lebih penting.

Selain itu, kita juga boleh menjawab atau menanggapinya seperlunya saja. Karena orang seperti ini biasanya semakin lawan bicaranya antusias, maka dia akan semakin bersemangat dalam bicara. Hal ini akan membuat dia semakin panjang dalam berbicara.

2. Pura-pura sibuk

Orang yang baik akan sungkan menganggu orang yang sedang sibuk dengan cara apapun, termasuk dengan berbicara terlalu banyak. Oleh sebab itu, kita bisa berpura-pura sibuk untuk menghindari pembicaraan yang kurang penting. 

Kita bisa mengatakan secara langsung jika kita sedang sibuk. Atau kita juga bisa pura-pura melakukan berbagai aktivitas agar kita terlihat sibuk.

3. Sampaikan jika tidak nyaman

Jika kita sudah merasa sangat terganggu oleh ucapan yang tidak ada henti-hentinya, maka kita bisa menyampaikan ketidaknyamanan kita. Asalkan disampaikan dengan sopan dan tidak menyinggung, kemungkinan besar orang tersebut akan mau memahami kita.

4. Tinggal pergi

Jika kita bingung cara menyampaikan ketidaknyamanan atau orang tersebut tidak mau berhenti berbicara, maka langkah terakhir adalah pergi. Kita bisa pamit atau bilang ada suatu urusan kepadanya. Dengan begitu, kita bisa terbebas dari orang yang terlalu banyak bicara itu.

Demikian 4 tips menghadapi teman yang terlalu banyak bicara. Tetap jaga pertemanan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak