4 Risiko Tinggal Bersama Orang Tua Setelah Menikah

Mutami Matul Istiqomah
4 Risiko Tinggal Bersama Orang Tua Setelah Menikah
Ilustrasi keluarga (Pexels.com/August de Richelieu)

Tinggal bersama orang tua setelah menikah merupakan salah satu pilihan yang cukup umum diputuskan oleh banyak pasangan. Selain lebih hemat, salah satunya juga bisa menjaga orang tua dengan lebih dekat. 

Namun, semua hal memang tidak lepas dari risiko. Meskipun tinggal di rumah orang tua sendiri, namun kamu tetap harus memperhatikan banyak hal yang menjadi risiko dari keputusanmu itu. Simak beberapa risiko tinggal bersama orang tua setelah menikah berikut ini.

1. Merasa sungkan bermesraan

Berbeda dengan di rumah sendiri, tinggal bersama orang tua akan membuat kamu merasa sedikit tidak bebas dengan pasangan. Bahkan, untuk bermesraan pun tidak bisa begitu leluasa karena merasa sungkan dengan orang tua. Hal itu merupakan salah satu hal yang wajar dirasakan. 

Meskipun tidak leluasa, namun bukan berarti tidak bisa. Kamu bisa kok mencuri-curi waktu untuk sekadar berpelukan mesra dengan pasangan. Atau cara lain adalah dengan quality time liburan di luar rumah. Hal itu malah terkesan mengasyikkan. 

2. Jam bangun dan tidur yang punya aturan 

Meskipun tidak ada aturan tertulis, namun tentu kita akan merasa malu ketika bangun tidur terlalu siang saat tinggal bersama orang tua. Mungkin beberapa di antara kamu akan menganggap bahwa orang tua tidak pernah berkomentar apa pun. Ya, tentu saja. Namun, kamu juga harus lebih tahu diri karena kamu sudah punya keluarga sendiri. 

Oleh sebab itu, bangun dan tidur juga termasuk salah satu hal yang harus kamu atur dengan baik ketika tinggal bersama dengan orang tua. Kamu harus membiasakan diri dengan kebiasaan mereka. 

3. Mengalami banyak perbedaan pendapat

Sebenarnya, di mana pun kamu berada, perbedaan pendapat akan selalu ada. Namun demikian, ketika tinggal bersama dengan orang tua, hal tersebut menjadi lebih mudah terjadi.

Semakin banyak kepala, semakin banyak pendapat yang ada. Hal itu sangat mungkin untuk memperkisruh permasalahan yang sedang terjadi.

Maka dari itu, kamu dan pasangan tetap harus menguatkan prinsip bahwa seperti apapun masalah yang terjadi, usahakan untuk menyelesaikannya dengan dua kepala. Jangan libatkan yang lainnya. 

4. Pola asuh anak yang mengundang perdebatan 

Zaman dulu dan sekarang punya beberapa perbedaan dalam ilmu pola asuh anak. Seiring perkembangan zaman, tentu memiliki ilmu yang lebih  modern dan melesat berkembang. Hal itu membuat ilmu mengenai pola pengasuhan anak semakin mudah untuk didapatkan.

Namun, tidak jarang hal itu juga menjadi perbedaan pendapat antara ilmu parenting zaman dulu dan sekarang. 

Orang-orang di zaman dulu selalu merasa bahwa pendapat mereka dalam pola asuh anak adalah hal yang benar. Terbukti melalui pengalaman yang sudah mendarah daging. Sementara kita yang berusaha menerapkan ilmu pengetahuan yang ada, seringkali memiliki cara perbedaan pandang yang cukup jelas. 

Maka dari itu, sering kali ketika tinggal bersama orang tua, maka kita akan punya perbedaan pola asuh. Dan hal tersebut sangat mungkin untuk menimbulkan permasalahan yang baru. 

Jadi, itu dia beberapa risiko yang akan kamu dapatkan ketika tinggal bersama dengan orang tua setelah menikah. Ya, semua keputusan selalu menimbulkan risiko dan juga konsekuensi. Bagaimanapun itu adalah tergantung bagaimana kamu yang menjalani. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak