4 Cara Menjaga Kontrakan dengan Baik

Mutami Matul Istiqomah
4 Cara Menjaga Kontrakan dengan Baik
Ilustrasi membersihkan rumah (Pexels.com/RODNAE Production)

Akan lebih baik apabila kita bisa menjaga kontrakan sebagaimana menjaga rumah sendiri. Karena meskipun kita sudah membayar uang sewa, namun kontrakan sejatinya bukanlah milik kita. Oleh sebab itu, kita harus menjaganya tetap seperti pertama kali kita menyewanya. 

Sayangnya, banyak orang yang abai dalam menjaga kontrakan. Karena mereka menganggap bahwa sebagus apa pun, pada nantinya akan dikembalikan kepada pemiliknya. Tentu hal tersebut merupakan pemikiran yang kurang tepat. Kontrakan adalah tempat yang dipercayakan kepada kita, sehingga kita harus menjaganya dengan baik dan penuh kesadaran. 

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kontrakan dengan baik. 

1. Menjaga kebersihan 

Yang paling utama adalah dengan menjaga kebersihan. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa sebagus apa pun tempat, kalau kebersihannya tidak dijaga maka tidak enak dipandang mata. Begitu juga dengan kontrakan kita. 

Menjaga kebersihan kontrakan bisa dilakukan dengan membuang sampah di tempatnya, menyapu dan mengepel secara rutin, menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi, serta beberapa hal lainnya yang bisa diterapkan melalui pola hidup bersih sehari-hari. 

2. Menata ruang dengan rapi

Setelah digunakan untuk beraktivitas seharian, tentu saja ruangan kontrakan punya kita akan menjadi berantakan. Apalagi kalau kita sudah punya anak kecil, wah rapi adalah hal yang cukup jarang sekali bisa terjadi. 

Namun demikian, kita tetap harus berusaha untuk menata ruang dengan rapih. Hal tersebut akan mempengaruhi mood kita dalam beraktivitas. Ruangan yang bersih, rapih dan wangi adalah salah satu kunci dalam bentuk usaha menjaga kontrakan dengan baik. 

3. Memperbaiki yang rusak dengan segera 

Ketika genting bocor, tembok rembes, lantai ambles, dan beberapa kasus dalam rumah terjadi, maka segeralah perbaiki. Kalau bisa perbaiki sendiri, namun akan lebih baik apabila meminta bantuan pemilik kontrakan, sehingga perbaikan yang dilakukan bisa lebih optimal. 

Ketika ada kerusakan dan kita membiarkannya hingga waktu yang lama, maka akan sangat mungkin apabila kerusakan tersebut semakin parah dan sulit untuk diperbaiki kembali.

Maka dari itu, segeralah untuk berdiskusi dengan pemilik kontrakan ketika ada sesuatu yang rusak, sehingga kita juga tidak menjadi disalahkan. 

4. Menjaga keamanan

Menjaga keamanan kontrakan sangat penting untuk dilakukan. Kalau sampai lalai, bisa menimbulkan kerugian untuk diri sendiri. Maka dari itu, kamu tidak boleh lengah dalam hal keamanan. 

Menjaga keamanan kontrakan bisa dilakukan dengan menguncinya setiap kali kamu bepergian. Ketika kamu pergi cukup lama, kamu bisa menitipkannya kepada tetangga.

Bukan menitipkan kunci rumahnya, tapi menitip secara lisan kalau kamu akan pergi cukup lama. Kalau kamu melibatkan tetangga sekitar, maka keamanan lebih mudah untuk didapatkan. 

Jadi, itu dia 4 cara menjaga kontrakan dengan baik. Semoga kita bisa menjaga kepercayaan pemilik kontrakan dengan baik pula, ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak