4 Pertimbangan sebelum Merantau untuk Bekerja

Mutami Matul Istiqomah
4 Pertimbangan sebelum Merantau untuk Bekerja
ilustrasi merantau.[Freepik.com/Diana.grytsku]

Mencari uang memang selalu punya jalannya sendiri. Entah jenis pekerjaannya sampai di mana lokasinya, adalah sebuah teka-teki yang hanya bisa ditemukan jawabannya ketika waktunya tiba. Tidak jarang, kita mendapatkan pekerjaan yang mengharuskan kita merantau.

Beberapa orang enggan merantau karena tidak siap untuk berpisah atau berjauhan dengan keluarga. Namun sebagian yang lain menerimanya karena tuntutan kebutuhan dan keinginan diri sendiri untuk memperbaiki kondisi finansial.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum merantau.

1. Berapa pendapatanmu?

Dengan jarak yang jauh, berapa pendapatan yang akan kamu dapatkan? Beberapa orang mungkin akan menjawab 'sudah, dijalani saja dulu'. Namun bagi kita yang bekerja untuk mendapatkan uang, bukan untuk mengisi waktu luang, uang adalah petimbangan yang paling utama.

Ketika jumlah pendapatan yang akan kamu hasilkan setiap bulannya bisa menebus jarak yang kamu miliki dengan keluarga, maka tidak mengapa. Ketika dirasa pendapatanmu terlalu kecil, maka kamu bisa memutuskan untuk melakukan apa.

2. Tinggal di mana?

Selanjutnya, di mana kamu akan tinggal ketika merantau. Apakah sudah disediakan tempatnya atau kamu harus kost. Semua itu perlu dipertimbangkan karena menyangkut keuangan yang akan kamu dapatkan juga.

Jumlah pendapatan yang akan kamu miliki jika di keluarkan juga untuk kost, apakah kamu masih merasa layak mendapatkan semua itu? Dirimu sendiri yang berhak memutuskan layak atau tidaknya nominal pendapatan sesuai dengan pendidikan dan kemampuan yang kamu miliki.

3. Apakah kamu siap?

Merantau juga merupakan salah satu hal yang membutuhkan kesiapan. Baik kesiapan secara finansial untuk bertahan hidup sebelum gajian, hingga kesiapan untuk meninggalkan keluarga.

Ketika kamu memutuskan untuk merantau, usahakan kamu benar-benar sudah merasa yakin dan siap. Jangan sampai kamu melakukannya karena terpaksa. Jika kamu melakukannya karena terpaksa, khawatirnya kamu akan sering kehilangan fokus karena pikiran yang terbagi sana dan sini.

4. Apakah keluarga mendukung?

Dukungan keluarga sangat dibutuhkan ketika kamu ingin meninggalkan mereka sementara waktu. Ketika keluarga mendukungmu, maka akan banyak doa yang mengalir untuk keberhasilanmu. Ketika kamu benar-benar akhirnya pergi merantau, kamu pun bisa melakukannya dengan lega tanpa terbebani pikiran dan rasa bersalah.

Jadi, itu dia 4 pertimbangan sebelum kamu pergi merantau untuk bekerja. Semoga hal ini bisa menjadikanmu mengambil keputusan yang terbaik serta menilai sejauh mana persiapanmu dalam menghadapinya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak