4 Tipe Unik Seseorang ketika Melamar Pekerjaan

Mutami Matul Istiqomah
4 Tipe Unik Seseorang ketika Melamar Pekerjaan
ilustrasi interview.[Freepik.com/ijeab]

Melamar pekerjaan adalah sebuah usaha yang harus kamu lakukan untuk bangkit dari zona pengangguran. Melamar pekerjaan tentunya bukan hal yang mudah ataupun bisa dilakukan dengan segera. Kamu membutuhkan waktu untuk melewati setiap proses sampai akhirnya bertemu dengan jodoh pekerjaanmu. 

Orang yang melamar pekerjaan memang tidak sepenuhnya menjadi orang yang serius dan ambisius. Banyak pula lho beberapa karakter unik seseorang dalam melamar pekerjaan. Berikut ini merupakan beberapa contohnya. 

1. Tidak sabaran

Yang pertama adalah tipe orang yang tidak sabaran. Jadi biasanya dia akan menjadi orang yang meneror admin untuk mendapatkan informasi yang dia inginkan. 

Usahakan, kamu jangan memiliki sikap yang satu ini, ya! Pasalnya meskipun terlihat kamu begitu membutuhkan pekerjaan tersebut, namun kesannya kamu adalah orang yang tidak bisa mengikuti tata laksana yang sudah diatur oleh pihak penyelenggara. 

2. Tepat waktu banget 

Tipe yang kedua adalah tipe pelamar kerja yang tepat waktu banget. Jadi, ketika lowongan tersebut dilayangkan,  dia bisa bergerak dengan cepat untuk memasukkan lamaran. Begitu juga ketika dia terpilih untuk interview, pasti akan datang paling awal. 

Hal ini merupakan salah satu sikap baik yang harus kamu miliki. Selain tepat waktu, kamu juga akan memberi kesan gigih dan disiplin dalam bekerja. Kesan awal menentukan segalanya, bukan? Jadi pastikan jangan melewatkan banyak momen baik. 

3. Gugup 

Banyak lho orang yang melamar pekerjaan dipenuhi perasaan gugup di dalam hatinya. Hal tersebut cukup berpengaruh ketika mengikuti interview. Karena biasanya untuk bisa mengikuti interview dengan lancar dibutuhkan ketenangan dalam pembawaan. 

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melawan rasa gugup adalah dengan mempersiapkan segalanya dengan matang, serta meyakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa melewati semua ini dengan baik. 

4. Percaya diri 

Cukup minder ketika melihat orang lain yang bisa membawa dirinya penuh dengan kepercayaan. Keren banget. Termasuk salah satunya adalah orang yang melamar pekerjaan dengan rasa penuh percaya diri.

Dia bisa menjelaskan segala sesuatu tentang dirinya dengan begitu detail, menjawab seluruh pertanyaan dengan lancar dan berwibawa, serta berjalan dengan begitu meyakinkan. Tentu saja, kamu harus berusaha untuk menggapai hal tersebut dengan usaha yang kuat. 

Itu dia 4 tipe unik seseorang ketika melamar pekerjaan. Kamu termasuk yang mana, nih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak