3 Tips Kerja Kelompok agar Semua Anggota Aktif, Apa Saja?

Elvira D Paramitha
3 Tips Kerja Kelompok agar Semua Anggota Aktif, Apa Saja?
Kerja kelompok (Unsplash.com/Annie Spratt)

Kerja kelompok merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh pelajar terutama untuk jenjang SMP, SMA dan kuliah. Kerja kelompok pada dasarnya adalah kegiatan berkelompok untuk mengerjakan suatu pekerjaan secara bersama-sama demi mencapai kesepakatan yang sama.

Banyak orang menganggap kerja kelompok dapat sangat membantu agar suatu pekerjaan bisa diselesaikan lebih cepat dan lebih mudah. Namun, sayangnya, saat ini banyak sekali anggota kelompok yang justru tidak kooperatif dalam mengerjakan tugasnya. Alhasil, orang-orang di dalam suatu kelompok yang benar-benar berkontribusi akan merasakan ketidakadilan.

Pasalnya, mereka harus bekerja dua kali lipat lebih keras untuk menyelesaikan bagian anggota yang tidak kooperatif tersebut. Oleh karena itu, penting agar kamu menyimak 3 tips di bawah ini agar teman-teman anggota kelompok kamu dapat bekerja dengan maksimal. 

1. Pertegas Bagian Masing-masing

Sebelum menjalankan kerja kelompok, penting untuk memiliki seseorang yang dapat dijadikan sebagai pemimpin atau ketua kelompok. Pasalnya, jika ketua kelompok tidak ada, maka, akan sangat sulit untuk mengontrol masing-masing anggota. Ketua kelompok dapat mempertegas bagian-bagian yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok.

Hal ini akan sangat membantu agar setiap individu dalam kelompok mengetahui tanggung jawab mereka masing-masing. Pembagian tugas seperti ini juga dapat memotivasi setiap anggota karena mereka akan merasa saling memiliki bagian penting di dalam kelompok.

2. Tanyakan Progres

Ketua kelompok dapat menanyakan progres setiap anggota satu persatu agar lebih mudah mengetahui sudah sejauh mana mereka mengerjakan bagian yang sudah diberikan di awal. Saat ada anggota yang memiliki progres lambat, ketua dapat membantu untuk menanyakan masalah yang dialami dan nantinya dapat didiskusikan bersama secara kelompok. 

3. Buat Deadline

Memberikan deadline pengerjaan juga akan sangat membantu agar setiap anggota dapat dengan disiplin mengerjakan bagian masing-masing. Penting untuk memberikan deadline yang cukup ketat karena masing-masing bagian yang dikerjakan secara individu harus dikumpulkan dan didiskusikan ulang sebelum dikumpulkan menjadi satu kesatuan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahpahaman antar anggota kelompok dalam memahami suatu informasi. 

Bagaimana? Siap mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak