4 Tipe Kesepian yang Sering Dialami, Apakah Kamu Pernah Merasakannya?

Budi Prathama
4 Tipe Kesepian yang Sering Dialami, Apakah Kamu Pernah Merasakannya?
Ilustrasi orang yang kesepian. (Pixabay/@darksouls1)

Kesepian mungkin bukan hal asing kita dengar atau bahkan sering kita alami dalam kehidupan. Konsep hidup akan terus berputar terasa bukan hal yang patut diperdebatkan, rasa sedih dan senang seakan semua orang akan mengalaminya. 

Perasaan sepi bisa disebabkan karena punya banyak masalah, entah karena baru putus cinta atau bisa juga karena kesehatan mental yang terganggu. Meski begitu, perasaan sepi sebenarnya tidak boleh ditetapkan secara berlarut-larut. 

Menurut Santrock, kesepian berarti kondisi ketika kamu merasa tidak ada seorang pun yang peduli terhadap kamu dan merasa tidak ada yang bisa membantu kamu pada saat kamu tidak sedang baik-baik saja. 

Sebenarnya ciri umum seseorang sedang kesepian, diantaranya merasa sepi meskipun teman ada, keluarga ada, dan saudara ada. Selanjutnya, lebih cinta sama benda ketimbang  manusia, jadi rentan sedih dan galau, serta lebih banyak teman di dunia maya daripada di dunia nyata. 

Terkait dengan hal tersebut, berikut ada empat kesepian yang sering dialami berdasarkan teorinya Gretchen Rubin, seperti disadur dari  akun Instagram @mudahbergaul. 

1. Kesepian karena kehilangan

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ketika kehilangan orang-orang terdekat tentu secara otomatis rasa kesepian itu akan timbul. Misalnya kamu kehilangan keluarga, teman, atau pasangan yang meninggal dunia. Hal itu terjadi karena perasaan saling memiliki dan keberadaannya yang sangat berarti, namun ketika berpisah tentu ada hal yang berubah drastis maka di situlah timbul perasaan sepi. 

2. Kesepian karena belum punya pasangan

Kondisi demikian ini memang alami terjadi. Ketika kamu sudah lama hidup menjomblo sedangkan temanmu sudah memiliki pasangan semua, maka bisa saja kamu akan mengalami kesepian. Terlebih lagi kalau kamu sering dilontarkan pertanyaan seperti kapan nikah, mana pacarnya, dan mana calonnya? 

3. Kesepian karena lingkungan baru

Hal ini juga bisa menimbulkan rasa kesepian ketika kamu masuk pada lingkungan baru yang ada dalam hidup kamu. Misalnya kamu masuk pada lingkungan sekolah atau kampus, ataupun pekerjaan yang baru. Karena belum kenal siapa-siapa, akhirnya kamu merasa kesepian. 

4. Kesepian karena susah ketemu bestie 

Ketika kamu dan sahabat kamu sudah susah untuk ketemu karena masing-masing sudah memiliki kesibukan, jelas itu juga menjadi pemicu merasakan kesepian. Padahal dulunya sering main bareng, curhat-curhatan, bahkan bercanda. Selain bisa mengundang kerinduan juga bisa menimbulkan rasa kesepian. 

Nah, itulah empat tipe kesepian yang sering dialami. Jika kamu merasakan kesepian tersebut, maka penting untuk tidak membuatnya bisa awet dalam kehidupanmu. Jangan sampai kamu berlarut-larut dalam kesepian, maka jelas itu dapat menghambat dirimu bisa berkembang. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak