Lakukan 4 Hal Ini jika Ingin Mendapat Nilai Bagus saat Presentasi

Moch Faiz Tajusyaraf
Lakukan 4 Hal Ini jika Ingin Mendapat Nilai Bagus saat Presentasi
Ilustrasi Presentasi [Pexels.com/Rodnae Production]

Kegiatan presentasi merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh mahasiswa, baik presentasi secara mandiri maupun presentasi secara kelompok. Untuk dapat menampilkan presentasi yang baik tentunya mahasiswa perlu menyiapkan banyak hal sebelum tampil di depan kelas, terutama bagi mahasiswa baru yang masih minim pengalaman dan sering nervous saat di depan kelas.

Lantas apa saja yang harus kita persiapkan agar presentasi kita bagus dan mendapat nilai yang memuaskan? Simak beberapa tips berikut ini.

1. Pelajari dan kuasai materi yang akan disampaikan

Materi presentasi yang akan kita sampaikan haruslah benar-benar kita pelajari dan kuasai sebaik mungkin agar kita bisa tampil secara maksimal dan tidak nge-blank saat di depan kelas. Perbanyak baca referensi yang sesuai dengan tema yang kita ambil, bisa dari internet maupun dari berbagai buku yang ada.

Jangan sampai kita tiba-tiba berhenti berbicara di tengah presentasi karena lupa dengan apa yang akan kita sampaikan kepada audiens. Kita bisa membuat catatan kecil yang berisi inti kalimat yang akan kita sampaikan. Namun usahakan jangan terlalu sering melihat catatan kecil ini karena nantinya akan terlihat bahwa kita tidak terlalu menguasai materi presentasi.

2. Buatlah slide presentasi yang menarik 

Dalam membuat slide presentasi yang akan kita tampilkan, usahakan buat semenarik dan sekreatif mungkin. Slide presentasi yang menarik akan membantu kita dalam mengumpulkan minat dan perhatian audiens, sehingga mereka bisa fokus pada kegiatan presentasi kita. Penggunaan slide presentasi yang baik dan menarik juga akan memberikan nilai tambah bagi kita dari dosen.

Kita bisa memanfaatkan berbagai website yang menyediakan berbagai template ppt yang bagus dan menarik yang bisa kita unduh secara gratis. Agar lebih kreatif, kita juga bisa menambahkan beberapa gambar dan animasi yang menarik. Dengan catatan gambar dan animasi yang digunakan tidak mengganggu kegiatan presentasi kita.

3. Hanya cantumkan inti materi yang akan disampaikan

Materi yang akan kita cantumkan dalam slide presentasi sebaiknya hanya ditulis bagian inti yang penting-penting saja. Jangan sampai semua materi yang telah kita kumpulkan kita masukkan semua kedalam slide presentasi. Bisa-bisa audiens mengantuk mendengarkan semua ceramah kita di depan kelas.

Pilih beberapa inti materi yang hendak kita sampaikan, kemudian jabarkan sesuai dengan bahasa dan pemahaman kita sendiri. Kita juga bisa mengkonsultasikan slide presentasi yang telah kita buat kepada dosen sebelum kegiatan presentasi dilakukan jika memungkinkan, agar nantinya mendapat beberapa saran dan masukan.

4. Berpakaian rapi dan tampil percaya diri 

Hal pertama kali yang dilihat oleh audiens saat kita akan melakukan presentasi adalah penampilan kita. Jika kita sudah berpenampilan rapi dan menarik, kesan audiens kepada kita akan lebih baik dan akan menganggap kita sebagai pribadi yang kompeten, selain tentunya enak dipandang juga.

Dengan berpenampilan rapi dan menarik juga akan menambah kepercayaan diri kita saat berbicara di depan kelas. Jika kepercayaan diri kita sudah baik, maka kita akan mudah dalam menyampaikan dan menjelaskan isi presentasi kita. Dan pada akhirnya, kegiatan presentasi yang telah kita susun dan persiapkan sedemikian rupa bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Demikian 4 hal yang perlu kita persiapkan agar mendapat nilai yang bagus saat presentasi. Masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan agar mendapat nilai yang memuaskan saat presentasi, tergantung dari situasi dan kondisi yang kita hadapi di lapangan. Selamat mencoba ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak