5 Tanda Kamu Mengalami Depresi, Nomor 5 Sering Terjadi

Anisa Rachma Agustina
5 Tanda Kamu Mengalami Depresi, Nomor 5 Sering Terjadi
Ilustrasi Depresi (Pexels/cottonbro)

Pernah kan kamu mengalami fase dimana kamu merasa tidak berguna. Kamu selalu menyalahkan dirimu sendiri atas beberapa kegagalan. Mood kamu berantakan, dan kamu menjadi kehilangan minat terhadap apa yang biasanya kamu minati. Itu adalah beberapa tanda kamu sedang mengalami depresi. Kendati demikian, kamu tidak bisa mendiagnosa sendiri mengenai penyakit mental yang sedang kamu alami. Dilansi rdari Halodoc depresi dalam istilah medis disebut sebagai depresi mayor yakni gangguan mental yang mempengaruhi perasaan, bagaimana cara berpikir, bagaimana cara bertindak seseorang.

Apabila kamu mengalami 5 tanda berikut maka hendaknya kamu mengunjungi psikolog untuk mendapat penanganan yang lebih lanjut. Seseorang yang mengalami depresi harus segera ditangani. Hal ini dilakukan untuk menjaga mental dan jiwa pasien.

Dalam artikel ini penulis akan membahas mengenai 5 tanda kamu sedang mengalami depresi.

1. Menyalahkan Diri Sendiri

Tanda pertama adalah kamu ada di fase selalu menyalahkan diri sendiri. Beberapa kegagalan membuatmu selalu menyalahkan diri sendiri. Misalnya saat kamu gagal dalam sebuah perlombaan, kamu menyalahkan diri sendiri hingga kamu mengalami depresi.

2. Traumatis

Tanda kedua adalah kamu pernah mengalami trauma. Misalnya saat kecil kamu pernah mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan atau pelecehan seksual. Saat kamu dewasa kamu kembali mengalami hal yang sama, hal itu bisa memicu traumamu kembali mencuat. Dan pada akhirnya kamu merasa tidak berharga dengan trauma yang pernah kamu alami. 

3. Perasaan Bersalah Berlebihan

Tanda ketiga adalah kamu selalu merasa bersalah yang berlebihan. Misalnya saat kamu tidak bisa menuruti kemauan orang terdekatmu. Kamu akan merasa bersalah berlebihan. Kepikiran terus menerus, sehingga membuat overthinking lalu kamu akan depresi karena memiliki perasaan bersalah berlebihan.

4. Selalu Merasa Gagal

Tanda keempat adalah kamu selalu merasa gagal dengan segala project yang sedang kamu hadapi. Ingatlah tidak semua hal dapat kamu capai setiap orang selalu memiliki passion dan kelebihannya masing-masing. Hal ini yang harus kamu sadari, bahwa beberapa kegagalanmu bukan sebuah masalah besar. Yang harus kamu lakukan adalah menerima segala ketetapan yang telah Tuhan berikan.

5. Putus Asa

Tanda kelima  adalah tanda yang sering terjadi atau tanda puncak. Beberapa orang yang telah mengalami depresi parah. Ia akan kepikiran untuk bunuh diri, hal ini adalah karena ia keputusasaan. 

Itu merupakan 5 tanda kamu sedang mengalami depresi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak