4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Merasa Kagum pada Seseorang

Mutami Matul Istiqomah
4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Merasa Kagum pada Seseorang
Ilustrasi bermain ponsel.[Pexels/mikoto.raw]

Rasa kagum merupakan perasaan yang tumbuh sendiri di dalam hati. Terkadang perasaan tersebut bisa tumbuh tanpa alasan, tapi kebanyakan memiliki alasan di baliknya. Apakah kamu juga pernah kagum dengan seseorang? Atau bahkan mungkin sedang mengalaminya saat ini? 

Namun, kagum adalah perihal dirimu sendiri. Seringkali beberapa orang salah memaknai arti. Menganggap kagum sebagai sebuah ikatan, padahal kagum tidak menimbulkan tanggung jawab apa pun. 

Berikut ini 4 hal yang harus kamu perhatikan ketika merasa kagum dengan seseorang. 

1. Tahu diri 

Yang pertama, kamu harus tahu diri. Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, bahwa perasaan kagum adalah sebuah perasaan yang tumbuh dalam dirimu sendiri. Secara tiba-tiba, baik ada maupun tanpa alasan, kagum adalah milik dirimu sendiri. 

Meskipun tidak ada larangan dalam mengagumi seseorang, namun kamu harus paham bahwasanya kamu tidak punya hak untuk mengharapkan hal yang lebih dari itu. Karena kagum adalah milikmu sendiri, maka kamu yang harus bisa mengelola dan mengontrolnya sendiri. 

2. Jangan berharap 

Jangan berharap apapun dari seseorang yang kamu kagumi. Karena berharap kepada seseorang yang bahkan tidak tahu bahwa kamu punya suatu perasaan terhadapnya, hanya akan membuat kamu merasa kecewa dan sakit hati. 

Jangan sampai kamu berharap bahwa dia punya rasa yang sama atau membalas beberapa hal yang kamu berikan kepadanya, karena harapanmu itu akan menyakiti dirimu sendiri. Kamu tidak akan mendapatkannya. 

3. Jangan cemburu 

Kagum tidak boleh membuatmu menjadi pencemburu. Karena kamu tidak punya hak atas hal tersebut. Meskipun kamu kagum dengan seseorang, tapi dengan siapa orang tersebut menjalin kasih, bukanlah menjadi hak dan urusanmu. 

Sebisa mungkin, kamu juga harus menghargai hubungan yang sedang di jalin. Jangan sampai kamu merusak hubungan orang lain. Apapun alasannya, kamu harus mengontrol emosimu dengan baik. 

4. Salurkan kepada hal yang positif

Sebisa mungkin, kamu harus berusaha untuk menyalurkan kekagumanmu itu untuk hal-hal yang positif. Misalnya, agar kamu lebih semangat dalam menjalani hari, atau punya motivasi yang lebih dalam menggapai segala sesuatu. 

Jangan sampai rasa kagum itu justru membuat kamu punya banyak rasa yang buruk di dalam hati seperti iri dan dengki. Atau bahkan membuat kamu tidak semangat dalam menjalani hari. 

Jadi, itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat merasa kagum dengan seseorang. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan membuat kamu lebih bijak, ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak