5 Cara Hadapi Orang Keras Kepala dan Membuatnya Mendengarkan

Rafi Alvirtyantoro
5 Cara Hadapi Orang Keras Kepala dan Membuatnya Mendengarkan
Ilustrasi anak perempuan yang sedang diberikan nasihat oleh sang ibu. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Pastinya di sekitarmu ada orang yang memiliki sifat keras kepala. Mereka cenderung bersikap angkuh atau sulit dinasihati dan menerima pendapat orang lain. Makanya, disebut juga dengan kepala batu.

Anggap saja ini menjadi ujian bagimu saat berhadapan dengan orang keras kepala dan melatih kesabaranmu karena bisa sangat mengganggumu. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghadapinya.

Merangkum dari Lifehack, berikut adalah lima cara hadapi orang keras kepala hingga membuatnya mendengarkan.

1. Berikan Jeda

Tahan dirimu untuk tidak terlibat argumen dengannya. Jangan terpancing emosi dan cobalah kendalikan dirimu. Jika tidak bisa ditahan, menjauhlah dan cari tempat yang tenang sehingga kamu bisa berbicara dengannya dengan kepala yang dengan.

Menghadapi orang yang keras kepala dengan emosi tidak akan ada gunanya. Biarkan salah satu kubu menjadi dingin dan bicaralah dengannya dengan perlahan. 

2. Mainkan Kata

Untuk mendapatkan dan mengubah pemikiran dari orang yang keras kepala adlaha bermain dengan kata-kata. Kamu bisa menyusun rencana atau apa saja yang akan kamu bicarakan.

Usahakan menggunakan kata-kata yang bisa menarik perhatiannya serta membuatnya berpikir bahwa pendapat kamu itu adalah benar. Walaupun ini tidak mudah, cobalah untuk menggunakan kata-kata yang bersifat provoaktif atau kata pancingan.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Kamu harus bisa mencari dan menemukan waktu yang tepat untuk berbicara dengannya. Kamu juga harus bisa memprediksi suasana hati dan bagaimana sikapnya saat itu.

Jika memang sudah memungkinkan, maka kamu bisa berbicara dengannya. Biarkan suasananya menjadi baik dan tenang terlebih dahulu.

4. Pikirkan Sudut Pandangnya

Untuk membuatnya mengerti, kamu juga harus bisa mengerti dan mengharagi sudut pandangnya. Jika kamu tidak mau seperti itu, maka kamu juga termasuk ke dalam orang yang keras kepala dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain.

Cobalah untuk memahaminya dan membuatnya juga merasa bahwa kamu sudah memberikan kesempatan untuknya berpendapat.

5. Ambil Alih Kekuasaan

Walaupun kamu sedikit mengalah padanya, kamu tidak bisa memberikan semua hak atau kekuasaan yang kamu punya untuknya. Amati terlebih dahulu orang tersebut dan lihat bagaimana dirinya terlibat.

Kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu mengerti dengan masukan atau pendapatnya. Setelah itu, kamu bisa meyakinkannya untuk menghargai pendapat lawannya juga.

Itulah lima cara hadapi orang keras kepala hingga membuatnya mendengarkan. Semoga informasi di atas bisa membantumu untuk lebih sabar dan mengerti orang yang memiliki sifat keras kepala.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak