Susah Fokus? Lakukan 3 Hal Ini agar Kamu Lebih Mudah Berkonsentrasi

Arina Ash
Susah Fokus? Lakukan 3 Hal Ini agar Kamu Lebih Mudah Berkonsentrasi
Ilustrasi orang bekerja (Pixabay.com/Jan VaĊĦek)

Pernah nggak sih kamu merasa susah banget buat fokus pada satu hal? Baru duduk untuk mengerjakan tugas sedikit saja, otak kita sudah berkelana kemana-mana. Padahal kita tahu tugas itu harus segera dikerjakan sebelum deadline datang, tetapi fokus otak tidak bisa diajak kompromi. Alhasil, tugas kita pun menjadi berantakan.

Kenapa sih kok kita bisa susah fokus begitu? Sebenarnya, ada banyak faktor yang membuat orang sulit untuk fokus, entah karena pikiran sedang kemana-mana, kekhawatiran yang berlebihan, tubuh yang terlalu lelah, rasa ingin mengerjakan banyak hal sekaligus, hingga kecanduan bermain media sosial yang tinggi.

Nah untuk itu, coba lakukan 3 hal ini agar kamu bisa lebih mudah berkonsentrasi.

1. Jauhkan diri dari hal-hal yang menarik minatmu

Matikan TV, jauhkan hewan peliharaanmu yang lucu barang sejenak, tutup semua media sosial, matikan nada dering media sosialmu, kalau bisa bedakan WhatsApp untuk bekerja dan pribadi. Dengan begitu, kamu akan fokus pada tugasmu tanpa terganggu hal-hal yang menarik minatmu, tetapi tidak berkaitan dengan tugas yang kamu kerjakan.

Kalau bisa, matikan sambungan internet bila kamu tak membutuhkannya. Tidak bisa dipungkiri, internet menjadi salah satu pengalih perhatian terbesar. Sekali ada hal menarik yang lewat, kita bisa menyelami internet selama berjam-jam, meninggalkannya sejenak pun akan membuat kita penasaran dengan isinya. Alhasil tugas kita justru terbengkalai.

2. Dengarkan musik yang tak kamu hafal liriknya

Mendengarkan musik memang salah satu cara ampuh untuk kita berkonsentrasi. Akan tetapi, tahu kah kamu? Mendengarkan musik bisa berbalik memecah konsentrasi kita lho.

Apalagi untuk kamu yang suka bernyanyi. Alih-alih fokus mendengarkan tugas, kamu justru akan lebih berfokus pada lirik yang kamu dengan dan ikut berdendang.

Cobalah untuk mendengar musik yang tidak kamu hafal liriknya, atau bahkan musik yang menenangkan dan tidak memiliki lirik.

3. Beristirahat

Tugasmu belum selesai, tetapi tubuh lelah sekali dan terus mengantuk. Bila kamu merasa demikian, beristirahatlah sejenak.

Lagipula, bila kamu memaksakan diri untuk mengerjakannya ketika pikiranmu sedang lelah, bukannya selesai kamu hanya akan semakin tidak fokus. Kamu bisa melakukan kesalahan dalam pengerjaan atau justru tidak bisa mengerjakannya dan menyakiti dirimu sendiri.

Beristirahatlah sejenak ketika kamu merasa sangat lelah. Memaksakan tubuhmu tidak akan berakhir baik.

Itu dia 3 cara yang bisa kalian lakukan agar kamu lebih mudah berkonsentrasi. Memang tidak bisa diterapkan langsung, tetapi cobalah melakukannya sedikit demi sedikit. Semoga cara-cara tadi bisa membantu kalian lebih fokus, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak