3 Cara Menolak Teman Ketika Meminta Harga Teman

Arina Ash
3 Cara Menolak Teman Ketika Meminta Harga Teman
Ilustrasi dua orang berbelanja (Pixabay.com/Borko Manigoda)

Budaya minta ‘harga teman’ rasa sudah mengakar di Indonesia. Padahal, tanpa meminta harga teman pun, kita akan memberikan harga terbaik untuk teman kita. Akan tetapi, tak jarang mereka tetap memaksa kita untuk menurunkan harga dengan dalih ‘teman’.

Hal ini tentu membuat dilema bagi kita yang nggak enakan. Mau menolak kita segan, tetapi bila tidak, kita merugi. Akan tetapi, mau segan atau pun tidak, cobalah untuk berani menolak bila temanmu tetap memaksamu menurunkan harga.

Bagaimana caranya? Yuk simak 3 cara menolak teman ketika meminta harga teman.

1. Ada harga ada kualitas

Katakan padanya tentang keunggulan produkmu dan alasan produkmu memiliki harga yang kamu tawarkan. Tunjukkan kualitas dan keunggulan yang dimiliki produkmu.

Bila dia tetap memaksa, tunjukkan produk yang serupa, tetapi dengan kualitas bahan baku yang lebih murah. Namun, tunjukkan kekurangan dan perbedaan antara bahan baku yang lebih murah yang kamu tawarkan. Tanyakan budget yang dia miliki dan tawarkan produk yang sesuai.

Selain itu, jelaskan padanya, kamu telah memberikan harga terbaik yang bisa kamu berikan sebagai teman.

2. Tunjukkan harga di toko lain

Tunjukkan harga produk yang dijual di toko lain. Akan tetapi, terkadang orang-orang yang memaksa meminta ‘harga teman’ sebenarnya tahu harga pasaran dan berharap kamu memberikan harga yang lebih murah.

Meski begitu, jangan turunkan hargamu sesuai dengan keinginannya! Lebih baik kamu tidak mendapat pesanan dari temanmu, daripada kamu merugi. Ingatlah! Produkmu itu memiliki nilai jual.

3. Tolak saja

Sudah diberi alternatif produk lain dan harga toko lain, tetapi dia masih memaksa? Maka kamu hanya bisa menolaknya dengan halus. Katakan kamu tidak bisa menerima dengan harga segitu. Jelaskan saja terang-terangan bahwa harga itu akan membuatmu rugi.

Pada akhirnya, teman seharusnya mendukung usahamu. Namun, bila mereka memaksamu menurunkan harga hingga merugi, mungkin sebaiknya kamu memikirkan kembali pertemanan kalian.

Jangan menurunkan harga apalagi hingga membuatmu merugi hanya karena dalih harga teman. Oleh karena itu, jangan ragu katakan tidak pada mereka yang menginginkan harga teman darimu. Semoga usahamu semakin lancar, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak