5 Hal yang Bisa Membuat Sakit Hati Seseorang, Segera Hentikan!

Budi Prathama
5 Hal yang Bisa Membuat Sakit Hati Seseorang, Segera Hentikan!
Ilustrasi sakit hati. (Pixabay/@HolgersFotografie)

Kadang kala perbuatan atau sikap yang kita lakukan pada orang lain justru menimbulkan sakit hati. Walau kita tak menyadari, tetapi bisa berdampak buruk pada orang lain. Kondisi demikian memang lumrah terjadi. Sakit hati kadang tak bisa ditebak dan tak bisa kelihatan. Merasakan sakit hati bisa berbeda setiap orang, ada yang nampak dan ada pula yang bisa memendamnya tanpa sepengetahuan orang lain. Terkait dengan hal tersebut, setidaknya ada lima hal yang sering kamu lakukan dan bisa membuat sakit hati, seperti disadur dari akun instagram @mudahbergaul. 

1. Sering bilang baper, alay, dan lebay

Melontarkan kata-kata baper, alay, dan lebay setelah melakukan sesuatu secara tidak langsung bisa menimbulkan sakit hati. Mungkin saja ada orang yang biasa saja dengan kata-kata seperti ini, tetapi mesti diingat bahwa ada juga yang tidak suka dan bisa sakit karenanya. 

2. Sering mengomentari fisik orang lain

Di dunia ini, ada banyak orang yang insecure pada kondisi fisik dirinya sendiri atau tidak memiliki rasa percaya diri terhadap kekurangan yang dimiliki. Jika kamu sering mengomentari fisiknya, ini bisa membuat dia sakit hati dan makin insecure. 

3. Tidak bilang terimakasih setelah mendapat bantuan dari orang lain

Kondisi ini memang sepele tetapi bisa saja membuat sakit hati dan terkesan merasa tidak dihargai. Karena mungkin saja dia sudah bersusah payah atau berusaha keras untuk membantu kamu tetapi diucapkan terimakasih saja tidak. 

4. Tidak bilang tolong pas butuh bantuan

Minta bantuan sama orang lain tetapi tidak mengucapkan kata tolong juga bisa menyebabkan indikasi sakit hati. Buat beberapa orang ini bisa membuat dia merasa kamu seenaknya atau tidak menghargai dirinya. Mungkin juga membuat dia akhirnya terpaksa membantu kamu dan jadi tidak ikhlas. 

5. Sungkan minta maaf

Sudah salah tetapi tidak mau minta maaf. Bahkan ada juga sampai sungkan untuk mengakui kesalahannya. Bukan saja hanya bisa menimbulkan sakit hati orang lain, tetapi ini juga bisa memungkinkan dia marah atau bahkan benci sama kamu. 

Nah, itulah hal yang bisa membuat sakit hati. Kita sebagai manusia tentu sama-sama mempunyai kesalahan, kekurangan, masalah, dan latar belakang. It's okey, tidak ada manusia yang sempurna. Mari sama-sama belajar menghargai orang lain dan memanusiakan manusia. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak