4 Tips Berinteraksi dengan Orang yang Kita Benci, Hindari Perdebatan!

Mutami Matul Istiqomah
4 Tips Berinteraksi dengan Orang yang Kita Benci, Hindari Perdebatan!
Ilustrasi pertemanan (Pexels.com/Ron Lach)

Seperti halnya ada yang suka dan tidak suka dengan kita, kita juga seringkali merasa suka dan tidak suka dengan orang lain. Hal tersebut merupakan perkara yang wajar dan lumrah. Namun sebagai seorang manusia biasa, tentunya kita membutuhkan interaksi dengan manusia lain. Tidak terkecuali adalah orang yang kita benci. Pasti pernah merasa enggan berkomunikasi, tapi tidak pantas kalau memilih pergi. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berinteraksi dengan orang yang kamu benci. 

1. Jangan lihat wajahnya 

Mungkin memang cukup sulit untuk dilakukan. Tapi kamu boleh mencobanya. Jadi, ketika kamu bertemu dengan si dia, cobalah untuk menghindari diri menatap wajahnya. Ya boleh lah sesekali saja. Tapi dalam sebagian yang lain, anggap saja sedang ngobrol dengan orang lain. 

Mau bagaimana lagi. Kalau sampai tidak mau diajak ngobrol, pasti kesannya buruk sekali, bukan? Makanya, biarpun sebentar, tapi berusahalah untuk menahannya. 

2. Persingkat pembicaraan

Kamu bisa mempersingkat pembicaraan dengan banyak alasan yang membuat kamu bisa pergi dari obrolan tersebut. Alasan mau ke sini lah atau sedang ditunggu si itu lah. Apapun alasannya, yang penting bisa membantu kamu untuk melarikan diri. 

Pertemuan memang bukan hal yang diinginkan. Tapi kalau kita benci dengan seseorang yang berada di sekitar, atau masih dalam satu circle pertemanan, maka pertemuan itu akan tetap pasti dilakukan. Meskipun hanya beberapa kali. 

3. Hindari perdebatan 

Meskipun entah bagaimana perasaan di dalam hati, tapi berusahalah untuk tidak memicu perdebatan. Karena hal tersebut tidak selalu membuat kamu nampak baik ataupun menang. Ada kalanya keadaan tersebut justru akan bernasib buruk untuk dirimu sendiri. 

Perdebatan sebetulnya hanya menjadi wadah untuk meluapkan emosi. Sedangkan emosi apabila dipertarungkan, maka tidak akan ada habisnya. Malah bisa jadi masalah dan pertengkaran yang panjang. Oleh karenanya berusahalah untuk mengontrol emosi dengan baik sehingga tidak bertengkar. 

4. Jangan permalukan orang lain 

Meskipun kamu membencinya, tapi jangan permalukan dia di depan umum. Ketika memang ada yang dia lakukan sudah menjadi hal yang keterlaluan, kamu cukup mengatasinya dengan diskusi meskipun harus melibatkan pihak ke tiga. 

Dendam dengan mempermalukan orang lain hanya akan menjadi boomerang bagi diri sendiri. Boleh jadi sekarang kamu yang mempermalukan. Tapi tinggal tunggu saat yang tepat saja untuk kamu dipermalukan. Maka carilah kondisi yang aman. 

Jadi, itu dia beberapa tips berinteraksi dengan orang yang dibenci. Intinya, jangan pernah mencoba menambah masalah baru. Apalagi menyelesaikan kebencian tersebut dengan suatu dendam ataupun pertengkaran. Kalau memang mau diselesaikan, maka bicarakan dan cari solusinya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak