4 Bahaya Berhubungan dengan Orang Toxic

Budi Prathama
4 Bahaya Berhubungan dengan Orang Toxic
Ilustrasi orang toxic. (Pixabay/@RobinHiggins)

Istilah toxic belakangan ini menjadi hangat diperbincangkan, entah dalam dunia nyata terlebih di dunia maya. Kebanyakan orang memahami toxic hanya dalam hubungan asmara yang beracun. Tetapi, toxic sebenarnya sudah merambat pada semua lini kehidupan dan tentu merugikan. 

Toxic sebenarnya memiliki arti orang-orang yang memiliki sikap beracun. Biasanya mereka memiliki kepribadian yang terkenal akan menyusahkan bahkan memberikan dampak negatif pada orang di sekitarnya. Semua orang dapat berpotensi menjadi pribadi yang toxic, begitu pun dengan diri sendiri. 

Bahaya toxic memang dapat merusak diri dan menghambat proses pengembangan diri. Maka dari itu penting kiranya agar menghindari dari perilaku toxic. 

Terkait dengan hal tersebut, berikut setidaknya ada empat bahaya berhubungan dengan orang toxic seperti disadur dari akun Instagram @mudahbergaul. 

1. Membuat kamu merasa kesepian

Orang toxic bisa membuat kamu merasa hampa, datar, sepi, dan merasa tidak ada yang peduli dengan kamu. Karena memang sifat orang toxic akan cenderung memiliki sikap empati yang rendah atau tidak peduli dengan kamu. 

2. Membuat kamu tambah insecure

Orang toxic bisa membuat kamu insecure sama diri kamu sendiri karena memang sifatnya yang manipulatif, playing victim, dan suka ngejudge. Perasaan insecure tentunya dapat menghambat diri bisa berkembang dan selamanya bisa tertinggal yang tidak memiliki kemampuan. 

3. Membuat kamu jauh dari diri sendiri

Kamu harus bisa menyadari bahwa orang toxic akan cenderung manipulatif dan mendominasi, inilah yang membuat kamu selalu ingin mengikuti maunya. Akhirnya bisa membuat kamu jadi bingung apa yang bisa membuat kamu bahagia, artinya kamu akan hilang arah. 

4. Bisa kamu terkurung rasa takut dan tidak nyaman

Biasanya kalau dekat dengan orang toxic membuat kamu tidak enak dan ada hawa negatifnya. Setiap kamu ingin ngobrol dengannya malah kamu takut, overthinking, dan tidak nyaman. Kondisi inilah yang hanya bisa menyudutkan kamu dan merasa tidak nyaman terhadap diri sendiri. 

Nah, itulah empat hal bahayanya berhubungan dengan orang toxic dan semoga saja kita tidak terjebak dengannya. Maka dari itu, mulailah untuk mengecek orang-orang yang ada di sekeliling kamu. Jangan sampai ada orang toxic karena bisa saja menghambat kamu bisa berkembang, cek sekarang ya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak